MAKE A MATCH IN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PROTISTA PADA SISWA SMA

Ririn Masrikhah .

Abstract


MAKE A MATCH IN COOPERATIVE LEARNING

TO ENCHANCE THE PROTISTA CONCEPT UNDERSTANDING

OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

ABSTRACT

Learning process in Biology High School has been improve, but there?óÔé¼Ôäós still obstacles in the concept of understanding. It looks phenomenon, because object in biology are living things, while not all objects can be presented in class. These conditions make teachers use Teacher Centered Learning method. This method was meaningful learning for students, when students complete the process, none of the concept to be understand by student. Class X?óÔé¼Ôäós learning outcomes in subject Kingdom Protista is 65% from average student did not reached the KKM, its made students followed the remedial program. Make a Match is the examples method to solve it.

Make A Match is a cooperative learning model which the implementation was the students found the right partner to make a?é?á fun concept. This model enhance d student?óÔé¼Ôäós learning motivation and curiosity about the differents in Protista Kingdom, its also improve the evaluation and learner activities. It can be seen from the results, Make A Match learning methods improved the written evaluation?óÔé¼Ôäós result 102% and 84% KKM. This method also improve the skills and creativity of the students ?é?á5%.

Keywords: Cooperative, Make A Match, Concept Understanding, Protista

ABSTRAK

Proses pembelajaran Biologi SMA telah mengalami berbagai penyempurnaan, tetapi masih ada kendala dalam memperoleh pemahaman suatu konsep. Tampak fenomena, karena objek yang dipelajari dalam biologi seluruhnya adalah mahluk hidup, sementara itu tidak semua objek dapat dihadirkan di kelas. Kondisi demikian menyebabkan sebagian besar guru?é?á mengajar dengan teknik pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Centered Learning). Pembelajaran yang demikian kurang bermakna bagi siswa, sehingga ketika siswa selesai mempelajarinya, tak satupun konsep tertinggal dalam pemahaman mereka. Hal ini tampak pada rendahnya hasil pembelajaran Kingdom Protista di kelas X, yaitu 65% siswa dari rata-rata kelas X?é?á di sekolah masih belum mencapai KKM sehingga siswa-siswa tersebut harus mengikuti program remidial. Make a Match adalah salah satu metode untuk mengatasinya.

Metode pembelajaran Make A Match adalah metode dari model pembelajaran kooperatif yang dalam pelaksanaannya para siswa mencari pasangan yang tepat mengenai suatu konsep secara menyenangkan (fun). Dengan cara pembelajaran yang menyenangkan ini, dapat meningkatkan motivasi belajar dan keingintahuan siswa tentang berbagai macam organisme dalam kingdom protista, sehingga dapat meningkatkan hasil evaluasi dan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa metode pembelajaran Make A Match mampu meningkatkan hasil evaluasi tertulis sebesar 102%, disertai meningkatnya KKM mencapai 84%. Selain itu metode ini juga dapat meningkatkan ketrampilan dan kreativitas siswa sebesar 5%.

?é?á

Kata Kunci: Cooperative, Make A Match, Pemahaman Konsep, Protista


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v3i2,%20Oktober.643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot gacor thailand situs toto

situs judi bola

macau303

togel 4d

slot toto

Rahasia Petir Kakek Zeus Yang Bikin Auto Jutawan Kakek Zeus Murka Hadiah Besar Siap Diguyur Tanpa Ampun Strategi Pamungkas Kakek Zeus Banyak Yang Belum Tahu Ledakan Petir Kakek Zeus Bawa Kejutan Tak Terduga Main Kakek Zeus Dengan Trik Ini Dijamin Panennya Gila
Rahasia Dewa Mahjong Bukti4D Bongkar Trik Menang Maksimal Bukti4D Mahjong Ways 2 Perjalanan Menuju Kemenangan Tak Terduga Bukti4D Peluang Tersembunyi Mahjong Ways 2 Temukan Harta Karunnya Bukti4D Mahjong Ways 2 Cara Cerdas Kuasai Papan Raih Kejayaan Bukti4D Strategi Jitu Taklukkan Mahjong Ways 2 Auto Profit