PEMBELAJARAN BERBASIS BIOEDUTAINMENT PADA MATA KULIAH PENGETAHUAN LINGKUNGAN

Atip Nurwahyunani ., Filia Prima Artharina

Abstract


ENVIRONMENTAL SCIENCE COURSES BASED ON BIOEDUTAINMENT

?é?á

ABSTRACT

The environment science courses at Biology Education Department used for graduation purposes. ?é?áMeanwhile, affective and psychomotor aspects still lacking on the learning outcomes of environment science. Bioedutainment as innovative learning strategies solution needed ?é?áfor it. This research used One-Shot Case Study design. The results were obtained from the average value of the activities students sheets and post test. Classical outcomes percentage got 93% in E class, 95% at B class, and 100% for A class. The number of students which did not complete were 5 students. Learning activity percentage got medium and high categories at first and second meeting, consist of 87.5% and 92.5% for E class, 82.5% and 85% at B class, and 94.8% and 92.3% in A class. In addition, the lecturer performance percentage got 80% at the first meeting and 100% at the second meeting. The appreciate of students for this learning got 85.7%. The patner lecturer interested in bioedutainment strategies. In conclusion, the learning outcomes of bioedutainment strategies for environtment science had the success criteria.

?é?á

Keywords : bioedutainment, environment science courses.

?é?á

ABSTRAK

Pembelajaran pengetahuan lingkungan saat ini masih dianggap mahasiswa sebagai pemenuhan tuntutan dalam sistem kredit semester yang harus ditempuh di prodi pendidikan biologi untuk tujuan kelulusan. Sedangkan segi afektif dan psikomotor masih sangat kurang dicapai pada hasil pembelajaran. Untuk itu perlu dilakukan inovasi strategi pembelajaran. Salah satunya dengan strategi pembelajaran berbasis bioedutainment. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan The One-Shot Case Study. Hasil penelitian diperoleh dari rata-rata nilai LKM dan post test dengan menerapkan strategi bioedutainment, pada kelas II E ketuntasan klasikal sebesar 93%, pada kelas II B dengan ketuntasan klasikal sebesar 95% sedangkan pada kelas II A dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Jumlah mahasiswa yang tidak tuntas sebanyak 5 mahasiswa. Prosentase keaktifan mahasiswa memperoleh hasil pada kategori sedang dan tinggi pada pertemuan pertama dan kedua yakni; kelas II E sebesar 87,5% dan 92,5%, pada kelas II B sebesar 82,5% dan 85%, dan pada kelas II A sebesar 94,8% dan 92,3%. Prosentas indikator kineja dosen mencapai 80% pada pertemuan pertama dan mencapai 100% pada pertemuan kedua. Mahasiswa yang menyatakan senang dan tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan pada ketiga kelas mencapai 85,7%. Dosen mitra menyatakan terkesan dan tertarik dengan pembelajaran menggunakan strategi bioedutainment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan pembelajaran dan mahasiswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran materi pengelolaan lingkungan yang diterapkan dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis bioedutainment.

?é?á

Kata Kunci: bioedutainment, pengelolaan lingkungan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v3i2,%20Oktober.644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot gacor thailand situs toto

situs judi bola

macau303

togel 4d

slot toto

Rahasia Petir Kakek Zeus Yang Bikin Auto Jutawan Kakek Zeus Murka Hadiah Besar Siap Diguyur Tanpa Ampun Strategi Pamungkas Kakek Zeus Banyak Yang Belum Tahu Ledakan Petir Kakek Zeus Bawa Kejutan Tak Terduga Main Kakek Zeus Dengan Trik Ini Dijamin Panennya Gila
Rahasia Dewa Mahjong Bukti4D Bongkar Trik Menang Maksimal Bukti4D Mahjong Ways 2 Perjalanan Menuju Kemenangan Tak Terduga Bukti4D Peluang Tersembunyi Mahjong Ways 2 Temukan Harta Karunnya Bukti4D Mahjong Ways 2 Cara Cerdas Kuasai Papan Raih Kejayaan Bukti4D Strategi Jitu Taklukkan Mahjong Ways 2 Auto Profit