Kelayakan film dokumenter pada materi jenis-jenis bahan baku pakan Kelas X SUPM Negeri Pontianak
Abstract
Penggunaan media pembelajaran sebagai sumber belajar sangat penting untuk membantu menjelaskan materi yang diajarkan agar lebih optimal. Pemilihan media juga harus menyesuaikan kebutuhan peserta didik. Permasalahan yang dialami yaitu kebutuhan akan media yang dapat mencakup banyak materi yang banyak dan dapat diterapkan pada peserta didik yang memiliki karakteristik pembelajaran auditori dan visual. Media film dokumenter dibuat bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut sehingga ketercapaian tujuan pembelajaran akan berhasil. Penelitian ini menggunakan metode Development Research dan di validasi oleh 5 validator yang diuji dengan validasi Aiken’s V serta uji reliabilitas Intraclass Correlation Coefficient. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media film dokumenter layak digunakan dan masih ada kriteria yang harus diperbaiki pada media. Pada uji reliabilitas diperoleh nilai Alpha 0,757 dengan kategori cukup memuaskan dan nilai Intraclass Correlation Coefficient yaitu 0,384 dikategorikan kurang memuaskan.
Kata kunci: film dokumenter; kelayakan; media pembelajaran.
ABSTRACT
Feasibility of documentary film on types of feed raw materials for Class X SUPM Negeri Pontianak. The use of learning media as a learning resource is very important to help explain the material being taught to be more optimal. However, media selection must also match the needs of students. The problem experienced is the need for media that can accommodate a lot of material and can be applied to students who have auditory and visual learning characteristics. Documentary film media is made to aim to answer this problem so that the achievement of the learning objectives will be successful. This research used Development Research method and validated by 5 validators who were tested with Aiken V validation and thereliability test Intraclass Correlation Coefficient. The results of this study indicate that documentary film media is suitable for use and there are still criteria that must be improved on the media. The reliability test shows anvalue of Alpha 0.757 with a satisfactory category and an Intraclass Correlation Coefficient value of 0.384.
Keywords: documentary film; feasibility; learning media
Full Text:
PDFReferences
Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012
Akker, J. Van Den. (1999). Principles and Methods of Development Research. The Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagafindo Persada.
Azwar, S. (2018). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajara.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Indikator. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Retrieved from https://erickbio.files.wordpress.com/2012/09/panduan-pengembangan-bahan-pelajaran1.doc
Hapsari, D. A., & Urbani, Y. H. (2014). Pembuatan film dokumenter wanita tangguh dengan kamera DSLR berbasis multimedia. Indonesian Journal on Networking and Security, 3(1), 21–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1123/ijns.v3i1.115
Hartono, B. (2016). Dasar-dasar Kajian Buku Teks: Konsep Dasar, Pemilihan, Pemanfaatan, Penilaian, dan Pengembangan Materi Ajarnya. Semarang: UNNES PRESS.
Holman, T. (2010). Sound for Film and Television (3rd ed.). Burlington: Elsevier Inc.
Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan media visual dalam menunjang pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89–99. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v3i1.6176
Kurniasih, F., & Setiawan, N. (2013). Pengembangan media film dokumenter sebagai pendukung pembelajaran akuntansi pokok bahasan siklus akuntansi perusahaan dagang bagi siswa SMK Kelas X Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1), 21–36. https://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/1185/996
Marjuki, M., Mardapi, D., & Kartowagiran, B. (2018). Pengembangan model akreditasi Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 105. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.9860
Marthaningtiyas, A., Nuroso, H., & Saefan, J. (2014). Efektivitas penggunaan media film dokumenter alam semesta pada pembelajaran IPA materi tata surya terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Walisongo 1 Semarang. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014, 261–266. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/masif2014/masif2014/paper/viewFile/438/389
Ningsih, D. R., Ramalis, T. R., & Purwana, U. (2018). Pengembangan tes keterampilan berpikir kritis berdasarkan analisis teori respon butir. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 45–50. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13730
Nurlaelah. (2014). Keefektifan Film Dokumenter Sebagai Media Pembelajaran Menulis Argumentasi Pada Siswa Kelas X SMA Tiga Maret Sleman Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18750
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pangestu, R. D., Mayub, A., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan desain media pembelajaran fisika SMA berbasis video pada materi gelombang bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 48–55. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.48-55
Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sitepu, M., & Solin, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMPN 2 Berastagi Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Bahasa, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/kjb.v4i2.3781
Sudjana, N., & Rivai, A. (2017). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Susilana, R., & Cepi, R. (2009). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295
Yoto. (2013). Meningkatkan mutu pendidikan kejuruan melalui Program SMK Unggulan. Jurnal Pendidikan Profesional, 2(1), 99–112. https://www.jurnalpendidikanprofesional.com/index.php/JPP/article/view/83/pdf_24
DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v10i2.7903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
toto macau
Toto Togel