KEPEMIMPINAN DAN KONTEKS PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
Abstract
Pada prinsip pengelolaannya, baik sekolah maupun perguruan tinggi sama-sama membutuhkan penjaminan
mutu sebagai tolok ukur untuk menilai keberhasilan atau kegagalannya. Lembaga pendidikan yang bermutu dapat
terwujud apabila didukung oleh pemimpin yang paham tentang manajemen karena salah satu aspek terpenting
mempengaruhi kualitas pendidikan adalah kepemimpinan dan manajemen mutu.
Kepemimpinan itu adalah suatu proses mempengaruhi kegiatan seseorang atau kelompok dalam situasi tertentu
untuk tujuan bersama. Artinya terjadi proses interaksi antara pemimpin, yang dipimpin, dan situasi. Kepemimpinan
seyogianya melekat pada diri pemimpin dalam wujud kepribadian (personality), kemampuan (ability), dan
kesanggupan (capability) guna mewujudkan kepemimpinan bermutu atau Total Quality Management (TQM).
Secara umum dapat dinyatakan bahwa kunci mutu pendidikan nasional terletak pada mutu pendidikan
(sekolah) dan kunci mutu sekolah terletak pada mutu kegiatan belajar mengajar di kelas. Mutu kegiatan belajar
mengajar pada akhirnya diukur dari mutu hasil belajar yang dicapai siswa. Peningkatan kualitas belajar siswa
merupakan sebuah upaya kolektif dan tanggung jawab bersama dari semua komponen yang ada di sekolah dimana
dalam pencapaiannya diperlukan kemampuan, kemauan, dan komitmen yang tinggi.
Kepala sekolah sebagai pimpinan sekolah memiliki tanggung jawab yang tinggi dan penuh, secara langsung dalam
membangun komitmen dan bekerja sama dengan semua komponen-komponen di sekolah dalam upaya
pengembangan mutu pendidikan tersebut. Kepala Sekolah sebagai pemimpin mempunyai potensi menciptakan visi
dan menterjemahkannya kedalam kenyataan serta berperan sebagai kekuatan sentral dalam menggerakkan
kehidupan sekolah, juga memahami tugas dan fungsi dalam mengembangkan mutu pendidikan.
Upaya untuk mewujudkan kepala sekolah yang handal dan berkualitas, seyogyanya dapat dilakukan pengelolaan
tenaga kependidikan dengan penerapan prinsip ?óÔé¼ÔÇ£ prinsip manajemen sumber daya manusia (Human Resource
Management), dengan harapan akan dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Kata kunci : Kepemimpinan, Mutu Pendidikan, Kepala Sekolah.
mutu sebagai tolok ukur untuk menilai keberhasilan atau kegagalannya. Lembaga pendidikan yang bermutu dapat
terwujud apabila didukung oleh pemimpin yang paham tentang manajemen karena salah satu aspek terpenting
mempengaruhi kualitas pendidikan adalah kepemimpinan dan manajemen mutu.
Kepemimpinan itu adalah suatu proses mempengaruhi kegiatan seseorang atau kelompok dalam situasi tertentu
untuk tujuan bersama. Artinya terjadi proses interaksi antara pemimpin, yang dipimpin, dan situasi. Kepemimpinan
seyogianya melekat pada diri pemimpin dalam wujud kepribadian (personality), kemampuan (ability), dan
kesanggupan (capability) guna mewujudkan kepemimpinan bermutu atau Total Quality Management (TQM).
Secara umum dapat dinyatakan bahwa kunci mutu pendidikan nasional terletak pada mutu pendidikan
(sekolah) dan kunci mutu sekolah terletak pada mutu kegiatan belajar mengajar di kelas. Mutu kegiatan belajar
mengajar pada akhirnya diukur dari mutu hasil belajar yang dicapai siswa. Peningkatan kualitas belajar siswa
merupakan sebuah upaya kolektif dan tanggung jawab bersama dari semua komponen yang ada di sekolah dimana
dalam pencapaiannya diperlukan kemampuan, kemauan, dan komitmen yang tinggi.
Kepala sekolah sebagai pimpinan sekolah memiliki tanggung jawab yang tinggi dan penuh, secara langsung dalam
membangun komitmen dan bekerja sama dengan semua komponen-komponen di sekolah dalam upaya
pengembangan mutu pendidikan tersebut. Kepala Sekolah sebagai pemimpin mempunyai potensi menciptakan visi
dan menterjemahkannya kedalam kenyataan serta berperan sebagai kekuatan sentral dalam menggerakkan
kehidupan sekolah, juga memahami tugas dan fungsi dalam mengembangkan mutu pendidikan.
Upaya untuk mewujudkan kepala sekolah yang handal dan berkualitas, seyogyanya dapat dilakukan pengelolaan
tenaga kependidikan dengan penerapan prinsip ?óÔé¼ÔÇ£ prinsip manajemen sumber daya manusia (Human Resource
Management), dengan harapan akan dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Kata kunci : Kepemimpinan, Mutu Pendidikan, Kepala Sekolah.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/civis.v2i2.455
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2597-4408 (Online - Elektronik)