PENERAPAN BELANJA KOMPETENSI (PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN METODE PQ4R) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas ini peneliti ingin mencapai suatu tujuan yaitu mengetahui
keefektifan pembelajaran kooperatif dan metode PQ4R dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan baik secara individual
maupun secara klasikal. Populasi sasaran dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas
VII D SMPN 29 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik sejumlah 32 orang
peserta didik . Kompetensi Daar yang digunakan adalah Perumusan dan Pengesahan Undang – Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini
dilaksanakan karena sebagian besar peserta didik tidak mau aktif dan mengalami kesulitan untuk
mempelajari dan memahami beberapa materi pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang
sangat luas serta penanaman sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari – hari. Berdasarkan data-data
yang telah peneliti peroleh dari kegiatan penelitian tindakan kelas ternyata keberanian dan keaktifan
peserta didik dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan. Dari hasil tes tertulis maka
diperoleh data jumlah peserta didik yang tuntas belajar secara individual sebanyak 21 peserta didik atau
sebesar 66 % pada siklus yang pertama, Hasil pada siklus 2 menunjukkan bahwa tes ulangan ke 2 maka
jumlah peserta didik kelas VII D yang telah tuntas belajarnya ada 30 orang peserta didik atau 94 % .
Sedangkan dari analisis data, diperoleh hasil aktifitas peserta didik dalam proses pembelajaran kooperatif
dan metode PQ4R atau Belanja Kompetensi dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini
berdampak positif terhadap peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik yang dapat ditunjukkan
dengan meningkatnya nilai rata-rata peserta didik pada setiap siklus
Kata kunci : pembelajaran kooperatif, PQ4R, keaktifan, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/civis.v9i1.6084
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 CIVIS
Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2597-4408 (Online - Elektronik)