INOVASI MODEL PEMBELAJARAN CITISEN JOURNALISM MELALUI PORTAL MEDIA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KOMPENSI PEDAGOGIK GURU PKn DI SMK KOTA SURAKARTA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan (1) Citizen Journalism model pembelajaran melalui media Portal online untuk guru Civic Education di SMK di Surakarta (2) Model warga belajar jurnalisme langkah-demi-langkah melalui media portal online (3) kelayakan inovatif model pembelajaran Citizen Journalism melalui Portal Media online untuk meningkatkan kompetensi pedagogis Civic Pendidikan Guru di Surakarta.
Metode itu studi pembangunan atau Research and Development (R & D) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall dan disederhanakan oleh Pusat Kebijakan Tim Penelitian dan Inovasi Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pendidikan. Jenis data yang digunakan adalah data yang data dan kuantitatif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah dari ahli tim informan dan media Model, guru SMK dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Produk uji dibuat untuk Tim ahli (model dan media), guru Pendidikan Kewarganegaraan (uji salah-salah, pengujian kelompok dan lapangan percobaan kecil) dan siswa SMK. Validitas instrumen digunakan validitas data dan validitas isi data kualitatif data kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian yang digunakan langkah-langkah dari tahap awal pengembangan produk, ahli validasi dan revisi, uji coba lapangan skala kecil, uji coba lapangan skala besar dan produk akhir.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Civic Education Guru di SMK perlu sipil model pembelajaran pendidikan yang membutuhkan teknologi informasi untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan membuat siswa menikmati belajar dan berlatih keterampilan siswa (2) langkah model pembelajaran citizen journalism melalui media portal online adalah sebagai berikut (a) Tahap Perencanaan (Tentukan kompetensi dasar dan indikator yang harus dicapai, merancang sebuah situasi masalah yang sesuai) (b) Tahap Pelaksanaan (mengorientasikan siswa tentang masalah dan pembelajaran tujuan, mengatur siswa untuk belajar, self-help dan penyelidikan kelompok, dikembangkan penelitian, menyajikan karya kelompok, mengambil kesimpulan awal, mempublikasikan ke media (c) Tahap Evaluasi. (3) Dari semua due diligence yang dilakukan oleh para peneliti menghasilkan model pembelajaran yang rata-rata dianggap sangat baik dan layak oleh tim ahli, guru dan siswa sehingga dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan kewarganegaraan 'pada aspek menggunakan teknologi informasi untuk proses pembelajaran. Atas dasar kesimpulan ini, peneliti merekomendasikan untuk semua Civic guru SMK pendidikan dalam rangka untuk mencoba model di kelas.
?é?á
Kata kunci: pendidikan kewarganegaraan, jurnalisme warga
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/civis.v5i2.898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2597-4408 (Online - Elektronik)