PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK DI RA Al ISLAMIYAH KEBONBATUR MRANGGEN

Norma Ika Sari, Purwadi Purwadi, Nila Kusumaningtyas

Abstract


Konteks penelitian yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya peran orang tua dalam memotivasi  belajar anak, sehingga anak tidak dapat menerima pembelajaran dengan baik. Dalam kegiatan belajar ini akan berbeda dengan anak yang bisa didampingi belajar oleh orang tua dan anak yang tidak didampingi belajar oleh orang tuanya. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua dalam memotivasi belajar anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua kepada anak, supaya anak mendapatkan peran dari orang tua masing-masing karena peran orang tua sangatlah penting bagi anak. Orang tua tokoh utama bagi anak untuk memberikan kasih sayang pada anak, dan memberikan pendidikan yang baik untuk anak, agar anak bisa memiliki motivasi belajar yang tinggi sehingga anak mudah dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang dilakukan dengan menguraikan fakta-fakta dan data-data yang diperoleh dari sumber data yang diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah peran orang tua dalam memotivasi belajar anak di RA Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen, terlihat saat orang tua memberikan perannya kepada anak untuk memotivasi belajar, adapun orang tua yang sibuk bekerja sehingga anak tidak memiliki motivasi belajar dengan baik dan susah dalam menerima pembelajaran yang sudah diberikan oleh guru. saran yang dapat disampaikan adalah agar orang tua memiliki waktu luang untuk mendampingi anak dalam belajar sehingga anak memiliki motivasi belajar yang tinggi dan dapat menerima pembelajaran dikelas dengan mudah.

Kata Kunci: Peran orang tua, motivasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, A., & Arda, A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah (Studi Kasus Pada Siswa Usia 10-12 Tahun pada Mata Pelajaran IPA). Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 140-164.

Ashadi, F. (2018). Pengaruh Metode Tanya Jawab terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini di TK Kanzul Makarim Glenmore Banyuwangi. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 2(2), 46-52.

Astari, T., Aisyah, S. N., & Sari, D. A. (2020). Tanggapan Guru Paud Tentang Pemberian Reward Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 1(2), 141-155.

Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-12.

DORA, Y. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA KALIASIN KEC. TANJUNG BINTANG KAB. LAMPUNG SELATAN (Skripsi, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

ENDANG, S. (2021). Implementasi Pengelolaan Kelas Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di TK Taruna Jaya Prumnas Way Halim Bandar Lampung (Skripsi, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. TASYRI': JURNAL TARBIYAH-SYARI'AH ISLAMIYAH, 27(2), 23-32.

Hendayani, E. S. (2012). Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Pembelajaran PAUD Seatap Margaluyu Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 92-104.

Inarotul, U. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 2 PRINGSEWU (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung).

Melati, P., Setiawati, S., & Solfema, S. (2018). Hubungan antara perhatian yang diberikan orang tua dengan tingkat perkembangan moral anak usia dini. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 79-92.

Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229-240.

Notosrijoedono, R. A. (2016). Menanamkan kecerdasan moral sejak anak usia dini pada keluarga muslim. Jurnal Tarbiyah, 22(1).

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 45-57.

Septiana, R. (2019). Pengaruh pemberian bintang sebagai reward dalam meningkatkan motivasi belajar anak di TK Al-Hikmah Koto Baru Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar.

Rahmawati, A. S. (2022). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KREATIF DAN KERJA KERAS DALAM FILM THE BOY WHO HARNESSED THE WIND DAN RELEVANSINYA BAGI SISWA SD/MI (Skripsi, IAIN Ponorogo).




DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v2i1.18527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cerdas Mendidik



Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Siti Patonah, M.Pd.    
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]