PERSEPSI SIKAP GURU KELAS TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI DEMPET 2 KABUPATEN DEMAK
Abstract
CANDRA KRISTIYAN. NPM 20126005. “Persepsi Sikap Guru Kelas Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Daring di SD Negeri Dempet 2 Kabupaten Demak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2022. Latar belakang dalam penelitian ini adalah Era globalisasi saat ini telah mempengaruhi berbagai sendi kehidupan manusia di muka bumi ini. Titik poin utama globalisasi adalah pesatnya perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang berbasis IT (Information Technology/ Teknologi Informasi). wabah covid-19 memberikan dampak terhadap sistem pendidikan yang awalnya pembelajaran tatap muka, sekarang berubah menjadi pembelajaran secara daring, menjadikan guru harus memanfaatkan aplikasi teknologi dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah terdapat perbedaan media pembelajaran dan apakah terdapat perbedaan sikap guru kelas mengenai pembelajaran daring. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan media pembelajaran dan perbedaan sikap guru kelas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode survei cross-sectional, Semua data dianalisis menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS versi 20.0). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 guru kelas di SD Negeri Dempet 2 Kabupaten Demak. Hasil Penelitian Persepsi sikap guru kelas berdasarkan jenis kelamin, diperoleh hasil bahwa nilai sig. 0,024 < α (0,05). Persepsi sikap guru kelas berdasarkan usia diperoleh nilai Sig. sebesar 0,024 < α (0,05). Persepsi sikap guru kelas terhadap lama mengajar, diperoleh diperoleh nilai Sig. sebesar 0,013 < α (0,05). Dan Persepsi sikap guru kelas berdasarkan tingkat kelas diperoleh nilai Sig. sebesar 0,031 < α (0,05). Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan media pembelajaran guru kelas dan terdapat perbedaan sikap guru kelas dalam pembelajaran daring. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus lebih memanfaatkan TIK sebagai media belajar.
Kata Kunci: Persepsi Sikap Guru Kelas, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran Daring.Full Text:
PDFReferences
Alessandro, B. (2018). Digital Skills and Competence, and Digital and Online Learning. Turin: European Training Foundation
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “ Merdeka Belajar .” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sjsb s.v7i3.15104
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (1993). How to design and evaluate research in education (Vol. 7). New York: McGraw-Hill.
Kretschmann, R. (2015). Physical Education Teachers' Subjective Theories about Integrating Information and Communication Technology (ICT) into Physical Education. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 14(1), 68-96.
Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 5(1).
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019).Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi.Walisongo Journal ofIn formation Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Nuryana, Agus Nana. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.” Kabar Priangan,2020.https://kabarpriangan.com/dampak- pandemi-covid-19terhadap-dunia-pendidikan/
Pakpahan, Roida., Fitriani, Yuni. 2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid- 19. Universitas Bina Sarana Informatika.
Pilkington, O. A. (2018). Active Learning for an Online Composition Classroom : Blogging as an Enhancement of Online Curriculum. Journal of Educational Technology Systems, 47(2),1–14. https://doi.org/10.1177/0047239518788278
Riaz, A. (2018). Effects of Online Education on Encoding and Decoding Process of Students and Teachers. International Conference E-Learning, 42–48. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED590288.pdf.
Sudibyo, Bambang. 2007. Undang-Undang No 20 tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wiranda, T., & Adri, M. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi WAN Berbasis Android. VoteTEKNIKA (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 2302– 3295.
Zhou, L., Li, F., Wu, S., & Zhou, M. (2020). “School’s Out, But Class’s On”, The Largest Online Education in the World Today: Taking China’s Practical Exploration During The COVID-19 Epidemic Prevention and Control as An Example. The Largest Online
Educationin the World Today, 4(2), 501–519. https://doi.org/10.15354/bece.20.ar023.Key words.
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v2i2.18554
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Cerdas Mendidik
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]