PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SETS (SCIENCE ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) PADA TEMA 5 UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik dan kevalidan dari pengembangan video pembelajaran berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada Tema 5 untuk Kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Develop. Implementation, dan Evaluation). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi media, validasi materi, respon guru, dan respon siswa. Karakteristik video pembelajaran yang telah dikembangkan sesuai dengan karakteristik media pembelajaran yaitu alat yang digunakan guru untuk menyampaikan informasi berupa materi pembelajaran kepada siswa. Video Pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti juga sesuai dengan tahap pembelajaran dengan pendekatan SETS karena terdapat tahap invitasi, eksplorasi, solusi, dan aplikasi. Hasil validasi media mendapatkan persentase nilai sebesar 95%. Hasil validasi materi mendapatkan persentase nilai 92,5%. Hasil validasi media dan materi termasuk dalam kategori “sangat layak”. Respon dari guru mendapatkan persentase nilai 92,3%. Respon siswa mendapatkan persentase nilai sebesar 96,67%. Respon dari siswa dan guru termasuk dalam kategori “sangat layak”. Dengan ini maka video pembelajaran berbasis SETS pada Tema 5 untuk Kelas V SD yang dikembangkan oleh peneliti valid dan layak digunakan dalam pembelajaran pada tema 5 di Kelas V.
Kata Kunci: Video Pembelajaran, SETS, ADDIE
Full Text:
PDFReferences
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Chanapimuk, K., Sawangmek, S., & Nangngam, P. (2018). Using Science, Technology, Society, and Environment (STSE) Approach to Improve the Scientific Literacy of Grade 11 Students in Plant Growth and Development. Journal of Science Learning, 2(1), 14. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i1.11997
Kartinah, & Prasetyowati, D. (2022). The stage of analysis, design, and development in the junior high school learning videos developed to strengthen mathematical reasoning. AIP Conference Proceedings 2577, 020029. https://doi.org/https://doi.org/10.1063/5.0096102
Laksono, D., Iriansyah, H. S., & Oktaviana, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interakif Powtoon pada Mata Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 255–262. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/685/450
Nashrullah, N., & Soepriyanto, Y. (2018). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ADAPTASI DAN CARA BERKEMBANG BIAK MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR.
Priyanto, W. (2016). Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Ips Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 114–129. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4252
Rini, C. P. (2017). Pengaruh Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology and Society) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 56. https://doi.org/10.23969/jp.v2i1.450
Untari, M. F. A., Cahyadi, F., & Budiningtyas, A. K. (2017). Pengembangan Media Lagu Matematika Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 92–105. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.6145
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v2i2.18555
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Cerdas Mendidik
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]