PENGEMBANGAN MEDIA RUMAT (RUMUS MATEMATIKA) MENGGUNAKAN APLIKASI SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah media yang digunakan guru belum bervariasi dan memanfaatkan teknologi. Perlu adanya media supaya siswa dapat tertuju pada media dan memperhatikan hususnya pada mata pelajaran matematika yang masih menjadi momok menakutkan dan menegangkan bagi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). media pembelajaran berupa video dengan berbantu aplikasi sparkol videoscribe. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, angket,dan dokumentasi. Hasil analisis angket validasi ahli media sebesar Kevalidan media menunjukkan bahwa media layak digunakan dengan memperoleh skor dari ahli media sebesar 94,11% hal ini termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dan menurut ahli materi memperoleh skor 82,14% dan termasuk dalam kategori “sangat baik”Kepraktisan media dapat diperoleh tanggapan dari guru kelas IV Sekolah Dasar dengan memperoleh skor 87,5% hal ini termasuk dalam kategori “sangat baik” “Sangat Menarik”. Angket minat siswa memperoleh presentase 87,5 dan termasuk dalam kategori. “sangat setuju”.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media pembelajaran rumat (rumus matematika) dengan menggunakan aplikasi sparkol videoscribe dapat digunakan dengan baik dan menjadi salah satu alternative media untuk guru dalam mengajar.
Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Sparkol videoscribe, media pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
A.M., Sadiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Amir,Almira.2013. “Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences)”.Logaritma Vol 1 No 1.http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/view/196/177 diakses pada tanggal 18 Juli 2019 pukul 08.30 WIB.
Anggoro, Bambang S.. 2015. “Pengembangan Modul Matematika dengan Strategi Problem Solvng untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa”. Al-Jabar Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No.2 Hal. 122-129.http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/25/436 diakses pada tanggal 21 Maret 2019 pukul 20.00 WIB.
Anugraheni, Indri & Kristin, Firosalia. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Kurikulum 2013 di Kelas IV Tema 9 Subtema 1”. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daryanto, 2010. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Edisi ke-2 Revisi. Yogyakarta: Gawa Media.
Fathurrohman, M. & Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standart Nasional. Yogyakarta: Teras.
Fransica, Indyra & Mintohari. 2018. “Pengembangan Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe pada Pelajaran IPA dalam Materi Tata Surya kelas VI SD”. Jurnal Penelitian pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6 No. 11.https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24661 diakses pada tanggal 20 Maret 2019, pukul 13.18 WIB.
Gunanto, Adhalia, D.. 2016. ESPS Matematika untuk SD/MI Kelas IV Berdasarkan Kurikulum 2013 (Revisi 2016). Jakarta: Erlangga.
Hamdu, G. & Agustina L. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No1.https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=hamdu+dan+agustina+2011&btnG= diakses pada tanggal 21 Maret 2019 pukul 19.20 WIB.
Hamzah, B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis dibidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Indriyani. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Sparkol Videoscribe Pada Materi Program Linier Metode Simpleks”. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Kustandi & Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mudlofir, A. & Fahmimatur, E.. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Mujiani,Dwi S.2016. “Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”.Jurnal Pendidikan Dasar volume 7 Edisi 2.https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article
/download/2187/1779 diakses pada tanggal 18 Juli 2019 pukul 10.30 WIB.
Nurhaini, Dewi & Priyanto, Sulis. 2016. Mari Belajar Matematika Pendidikan Matematika. Surakarta: CV Usaha Makmur.
Sanaky, Hujar AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif Inovatif. Yogyakarta: Kaubaka Dipantara.
Siregar, E., Nara, H.. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghaba Indonesia.
Sudatha, I Gede Wawan & I Made Tegeh. 2015. Desain Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/RND). Bandung: Alfabet.
Suhendri,Huri.2011.”Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika”.Jurnal Formatif Vol 1 No 1 Hal 29-39 ISSN 2088351X.https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/61 diakses pada tanggal 18 Juli 2019 pukul 10.00.
Sukmadinata, Nana S. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika.Bandung: Alfabeta.
Suryani, N., Setiawan, A. & Putria, A.. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rusdakarya.
Yuliana. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Sparkol Video Scribe Kelas V Di Mi Al-Hikmah Bandar Lampung. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v2i2.18559
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Cerdas Mendidik
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]