MEMBANGUN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODUL AJAR INOVATIF BERBASIS STEM PADA MATERI GAYA DISEKITARFASE B
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu belum adanya pengembangan modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM materi gaya di sekitar untuk mewujudkan keterampilan proses sains fase B. Pada penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan modul ajar yang menarik dan menyenangkan untuk mengingkatkan keterampilan proses sains. 2) Memvalidasi kelayakan modul ajar berbasis STEM materi Gaya di Sekitar untuk mewujudkan keterampilan proses fase B. 3) Mengetahui modul ajar berbasis STEM materi Gaya di Sekitar agar dapat memenuhi kriteria praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengembangan atau biasa disebut RnD dan jenis penelitian yang digunakan merupakan model ADDIE. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti diantaranya hasil perhitungan Indeks Aiken diketahui bahwa modul ajar yang telah dikembangkan pada komponen Modul Ajar, Materi, Bahasa, Augmented Reality, dan Media Kongkrit telah mengalami peningkatan setelah dilakukannya dua kali validasi. Hasil penelitian dari hasil perhitungan SPSS menunjukan modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM pada materi Gaya di Sekitar dapat mewujudkan keterampilan proses sains siswa fase B.
Kata Kunci: Modul Ajar, STEM, IPAS, Gaya di Sekitar, Keterampilan Proses Sains.Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Angelia, Y. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. 6(5), 8296–8303.
Aprima, D. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. 13(1), 95–101.
Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Fajar Riski, Indiana Marethi, I. R. (2019). Mendesain Model Pembelajaran. In Prenadamedia Group (Vol. 02, Issue 02).
Hehanussa, D. J. A., Mote, A. A. K., Tomatala, A. D. Y., Rahametwauw, A. B., Gea, B. H., Kakerissa, C. J., Ohoira, C. G., Soisa, C. F., Sahetapy, F. F., Solissa, F., Waruis, J., Radjawane, J. M., Lekahena, M. E., Tiwery, M., Goesniady, S., & Porumau, A. (2023). Pelatihan Coding Menggunakan Scratch Kepada Siswa-Siswi Sd Negeri 100 Maluku Tengah. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 38–43. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.1.3.38-43
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Nisa, P., Nugroho, O. F., Guru, P., Dasar, S., & Unggul, U. E. (n.d.). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS STEM PADA MATERI. 324–329.
Nurjanah, N., Cahyana, U., & Nurjanah, N. (2021). Pengaruh Penerapan Online Project Based Learning Dan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPA Di SD Nasional 1 Kota Bekasi. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 51–58. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3161
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719
Patika, S., & Surmilasari, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Pendekatan STEM pada Materi Rangkaian Listrik Kelas VI SD. 11(2), 544–554. https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15817
Prihapsari, D., Indah, R., Ilmu, F., Universitas, K., & Malang, B. (2021). Coding untuk menganalisis data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan. 21(2), 130–135.
Rofiqoh, I., Puspitasari, D., & Nursaidah, Z. (2020). PENGEMBANGAN GAME MATH SPACE ADVENTURE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PECAHAN DI SEKOLAH. 2(1), 41–54.
Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2024). Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ) Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). 02(01), 84–90.
Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., & Indonesia, U. K. (2021). PERAN GURU PENGGERAK DALAM PENDIDIKAN. 14(2), 88–99.
Suryana, C., Nurwahidah, I., & Hernawan, A. H. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 5877–5889.
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452–461. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4433
Wirawan, I. M. P., Agung, I. G., Wulandari, A., & Sastra, G. N. (2022). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Muatan IPS Siswa Kelas V SD. 6(1), 152–161.
Yasifa, A., Hasibuan, N. H., Siregar, P. A., Zakiyah, S., & Anas, N. (2023). Implementasi Pembelajaran STEM pada Materi Ekosistem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. 05(04), 11385–11396.
Yulianto, F., & Patonah, S. (n.d.). INSTRUMEN AWAL IPA SD BERBASIS STEM PADA MATERI. 70, 190–203.
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v3i1.18720
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Cerdas Mendidik
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]