PENGEMBANGAN MODUL AJAR INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY BERBANTUAN ASSEMBLR EDU MATERI IPAS SISTEM PENCERNAAN FASE C

Dalilun Najih, Siti Patonah, Sukamto Sukamto

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan modul ajar interaktif berbasis augmented reality berbantuan assemblr edu materi IPAS sistem pencernaan kelas V di SDN 2 Babaktulung Rembang serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan modul ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D yang memiliki tahapan antara lain define, design, develop, disseminate. Hasil validasi ahli media dan ahli materi modul ajar interaktif berbasis augmented reality berbantuan assemblr edu materi IPAS sistem pencernaan kelas V di SDN 2 Babaktulung Rembang yang dikembangkan diperoleh rata-rata persentase 93,7% dan 89% sehingga layak diujicobakan di lapangan. Selanjutnya penilaian ahli praktisi diperoleh rata-rata persentase 88,7%. Respon siswa diperoleh persentase 97,2% pada kelas uji coba dan 97,4% pada kelas penyebaran. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan disimpulkan bahwa pengembangan modul ajar interaktif berbasis augmented reality termasuk dalam kategori “sangat valid” dan “sangat praktis” sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Modul Ajar Interaktif;Augmented reality; Assemblr edu; IPAS

References


Afandi, B., Kustiawan, I., & Herman, N. D. (2019). Exploration of the augmented reality model in learning. Journal of Physics: Conference Series, 1375(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1375/1/012082

Eka Suarmika, P., & Hidayat, N. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PEMANFAATAN MEDIA APLIKASI ANDROID SEBAGAI BAHAN AJAR INTERAKTIF Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Corresponding. 13(1). https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index

Hutabri, E., Dasa Putri, A., Informatika, J. T., Teknik, F., Komputer, D., Putera Batam, U., & Soeprapto -Batam, J. R. (2019). Jurnal Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian dan Industri Terapan. 08(02), 57–64.

Iskandar, S., Sholihah Rosmana, P., Mutiara, E. A., Nisrina, A., Nadhirah, N. E., & Nengsih, N. W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr edu Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi ASEAN Kelas VI. 20(3). https://doi.org/10.53515/qodiri

Izzah Salsabilla, I., Jannah, E., & Keguruan dan, F. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. In Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (Vol. 3, Issue 1).

Kuswanto, J., & Kunci, K. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu…. Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. In Jurnal Media Infotama (Vol. 15, Issue 2).

Lino Padang, F. A., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr edu Berbasis Augmented reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 38–46. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.38-46

Maisarah, Ayudia, I., Prasetya, C., & Mulyani. (2023). Analisis Kebutuhan Media Digital Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.314

Maulida, U. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA Utami Maulida. In Agustus (Vol. 5, Issue 2). https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi

Mustika, D., Hidayat, B., Julia Lingga, L., & Fajar Adi Putra, R. (2023). Pembuatan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1).

Nuris, D. M., Nagari, P. M., & Nuraini, U. (2020). 616-2656-1-PB. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 75–82.

Pranoto, A., & Zakariyah, M. (2023). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Peran Augmented reality dalam Memperkenalkan Organ Pencernaan Manusia pada Anak Sekolah Dasar. Media Online, 4(3), 1235–1244. https://doi.org/10.30865/klik.v4i3.1441

Pugi Febriningrum, D., & Mastuti Purwaningsih, S. (2022). PENGARUH APLIKASI ASSEMBLR EDU BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI IPS SMAN 8 SURABAYA. In Journal Pendidikan Sejarah (Vol. 13, Issue 1).

Santoso, J. T., Kom, S., & Kom, M. (2021). P Y YAYASAN PRIMA AGUS TEKNIK Augmented reality.

Setyawan, B., Rufii, Nf., & Fatirul, Ach. N. (2019). AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA SD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed.). Alfabet.

Wahyu Novianti, D., Fitrotun Nisa, A., Negeri Gambaran, S., & Tengah, J. (2023). PEMANFAATAN MEDIA 3D ASSEMBLR STUDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD.




DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v3i2.19575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dalilun Najih, Siti Patonah, Sukamto Sukamto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Siti Patonah, M.Pd.    
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]