Sosialisasi Pentingnya Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Semua Mata Pelajaran dalam Upaya Membangun Karakter Sosial Siswa SMP Negeri 1 Talun
Abstract
Tujuan penelitian ini, yakni menjelaskan pentingnya internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam melakukan proses pembelajaran disetiap mata pelajaran tingkat sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif case study . Sumber data penelitian yaitu berupa video pada saat melakukan sosialisasi di SMPN 1 Talun. Data penelitian yaitu berupa topik yang dijadikan bahan sosialisasi yang disampaikan oleh tim PkM berbasis riset. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan sejumlah dokumentasi baik visual maupun audio visual. Intrumen penelitian yaitu berupa vidio rekaman saat melakukan sosialisasi dan sejumlah foto-foto serta wawancara terstruktur dengan tim pelaksana PkM dan peserata. Kegiatan sosialisasi ini membuka cakrawala berfikir guru-guru bahwa pentingnya melakukan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dengan memberikan contoh secara langsung maupun melalui strategi dan metode pembelajaran. Semoga kedepan guru-guru melakukan pengembangan materi pembelajaran, kurikulum, silabus, rencana pembelajaran serta materi pembelajaran yang didesain menanamkan nilai-nilai moderasi beragama dalam rangka membentuk karakter sosial peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atqia, W., & Abdullah, M. S. R. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai Moderasi Agama Di Tengah Polemik Islamophobia. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 5(1), 65-77.
Abiyuna, T., & Sapriya, S. (2018). Pelembagaan Karakter Toleransi Siswa Melalui Program Pendidikan Berkarakter Purwakarta. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 17-29.
Dewi, I. Y. M. (2020). Pengembangan karakter toleran siswa dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan saintific approach di sekolah dasar negeri kabupaten Sumenep. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 79-92.
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95-100.
Harto, K. & Tastin, T. (2019). Pengembangan Pembelajaran PAI Berwawasan Islam Wasatiyah: Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik). At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1).
Jentoro, J., Yusro, N., Yanuarti, E., Karolina, A., & Deriwanto, D. (2020). Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-nilai Islam Wasatiyah Siswa. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(1), 46-58.
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696-1705.
Puspitawati, H. (2010). Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pola Asuh Belajar Siswa Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 3(1), 46-55.
Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182-194.
Rahmawati, K., & Fatmawati, L. (2016). Penanaman Karakter Toleransi di Sekolah Dasar Inklusi Melalui Pembelajaran Berbasis Multikultural. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323-348.
Shihab, M. Q. (2019). Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Lentera Hati Group.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.10998
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.