Penguatan Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri pada Siswa SMK N 02 Bengkulu Tengah

Dewi Suranti, Maryaningsih Maryaningsih, Yode Arliando, Dian Mardianti

Abstract


Peranan teknologi informasi dan komunikasi merupakan unsur terpenting dalam aktivitas manusia. Terbukti dalam berbagai sektor kehidupan, teknologi informasi telah memberikan perubahan yang sangat besar dan memberikan kontribusi fasilitas utama dalam perubahan sektor kehidupan manusia dan dalam mengubah pola pikir manusia. Hal ini juga terjadi dalam dunia pendidikan dan menjadi tantangan tersendiri mengingat revolusi sistem pembelajaran ini akan berdampak pada peserta didik. Dari hasil observasi diperoleh informasi bahwa dalam menghadapi revolusi 4.0 perlu adanya kesiapan generasi milenial dalam menghadapi perubahan tersebut. Mengingat pentingnya kesiapan generasi milenial khususnya siswa SMK N 02 Bengkulu Tengah dalam menghadapi revolusi industri 4.0, maka perlu diberikan pengetahuan dan pemahaman kepada siswa SMK N 02 Bengkulu Tengah tentang perkembangan teknologi di era revolusi industri. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai perkembangan teknologi informasi di era revolusi 4.0 saat ini. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah berupa kegiatan penyuluhan. Berdasarkan hasil evaluasi bahwa kegiatan pengabdian ini memberikan pengetahuan baru bagi peserta dalam memahami perkembangan teknologi informasi di era revolusi industri.


Keywords


revolusi 4.0; penguatan; teknologi

Full Text:

PDF

References


Aoun, J. (2017). Robot-Proof: Higher Education in The Age of Artificial Intelligence. US: MIT Press.

Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 1-6.

Hasru, M. I., Suharianto, J., Lubis, R. A., & Marbun, M. (2019). Revolusi Industri 4.0 dalam Dunia Pendidikan dari Sisi Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 290-297.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kulaitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 121-125.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118.

Naa, C. F. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Respon Institusi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan Penabur, 17(31), 59-71.

Rahmawati, N. S. (2019). Menapaki Era Revolusi Industri 4.0 : Peluang Atau Tantangan Bagi Pustakawan. Visi Pustaka, 21(3), 187-194.

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2014). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. Prosiding SEMATEKSOS 3, 22-27.

Suryadi, S. (2015). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Informatika : Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 3(3), 9-19.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i4.11536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.