IbM Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran dengan CALD3 sebagai Teaching Aids bagi Guru-guru PAUD di Kecamatan Tembalang Semarang

Subur Laksmono Wardoyo, Ghufron Abdullah, Ririn Ambarini

Abstract


Ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan di transfer kepada guru-guru PAUD
kecamatan Tembalang Semarang adalah pelatihan bagaimana menerapkan nilai-nilai
kearifan lokal dalam pembelajaran untuk anak usia dini dan penggunaan sofware
CALD3 sebagai teaching aids untuk mengembangkan kreativitas dan daya pikir anak
usia dini dimana yang diajarkan dalam pelatihan adalah kearifan lokal pendidikan
anak usia dini dan CALD3, CALD3 sebagai teaching aids, Workshop CALD3 part
1&2: (1) Animals 1-3, (2) Beds 1-2, (3) Birds 1-2, (4) Body Positions 1-4, (5) Cars
and Trucks 1-2, (6) Clothes 1-10, (7) Flowers 1-2, (8) Fruit 1-3, (9) Hand 1-2, (10)
Health 1-3, (11) Ship and Boats 1-2, (12) Vegetables 1-2. Dengan adanya IbM nilainilai
kearifan
lokal
dalam
pembelajaran
CALD3

sebagai teaching aids maka
diharapkan akan memberikan kontribusi bagi guru-guru PAUD untuk lebih
mengembangkan ide-ide kreatif dalam mengajar sehingga suasana pembelajaran lebih
menyenangkan selain juga memupuk nilai-nilai kearifan lokal sejak dini.
Kata kunci: Nilai-nilai Kearifan Lokal, CALD3, Teaching Aids.

 


Full Text:

pdf


DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v4i2.1261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.