Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD

Joko Minardi, Agus Subhan Akbar

Abstract


Perkembangan Teknologi Informasi di dunia pendidikan khususnya pendidikan dasar atau sekolah dasar ternyata tidak diiringi dengan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi tersebut, penggunaan media pembelajaran power point masih belum di maksimalkan oleh guru SD di lingkungan UPTD Pendidikan Semarang Selatan, Pengabdian masyarakat yang dilakukakan memang sangat diharapkan oleh UPTD Pendidikan Semarang Selatan guna meningkatkan kompetensi guru seiring dengan mulai diterapkannya SDC (Semarang Digital Class), metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah identifikasi, pelatihan dan pendampingan, pelatihan diikuti oleh 22 guru SD dengan materi pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan power point, setelah pelatihan diadakan evaluasi pembuatan media pembelajaran yang interaktif, kemudian diadakan pendampingan ke SD untuk melihat penerapan hasil pelatihan, disamping pendampingan juga diadakan lomba dengan kriteria terbaik dalam pembuatan media pembelajaran, diharapkan guru semakin kreatif sehingga tujuan peningkatan kompetensi guru dapat dicapai.


Keywords


media pembelajaran; teknologi informasi; interaktif; kreatif; kompetensi

Full Text:

PDF

References


Rohani,.Ahmad 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Dewantik, Mukminin, & Waluyo, 2010. Penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer Sebagai dasar pengenalan teknologi informasi pada gutu taman kanak-kanak di kota Semarang. Jurnal Abdimas, Vol 14, No. 10

LPPM. 2016. Panduan Penulisan Proposal Pengabdian Regular, UNISNU.Jepara




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.