HEDONISME DAN KONSUMERISME DALAM PERSPEKTIF DRAMATURGI ERVING GOFFMAN

Oktaviani Adhi Suciptaningsih

Abstract


Globalisasi menciptakan berbagai fenomena dalam kehidupan nyata. Termasuk fenomena gaya hidup hedonisme dan konsumerisme di kalangan mahasiswa. Pola interaksi sosial di kalangan mahasiswa dibentuk melalui serangkaian atribut dan simbol yang mencitrakan identitasnya sebagai bagian dari komunitasnya. Hal ini menyebabkan mahasiswa seperti sedang bermain peran ketika berinteraksi sosial agar dapat diterima. Hal ini seperti teori dramaturgi Goffman, yakni bahwa mahasiswa seperti sedang berperan dalam area front stage dan back stage. Front stage mahasiswa ketika melakukan gaya hidup hedonisme adalah gemar bersenang-senang dengan mendatangi tempat-tempat hiburan malam, berbelanja barang mahal di mall, memilih kos dengan tarif sewa yang mahal, menggunakan barang branded, dan suka berfoya-foya. Hal tersebut dilakukan untuk menampilkan kesan mewah, glamour, kekinian, dan ingin menunjukkan kelas sosialnya. Selain itu hal tersebut juga dilakukan agar mereka dapat diterima dalam komunitasnya. Area back stage-nya adalah kehidupan mahasiswa dalam realitas senyatanya serta berbagai cara yang dilakukan untuk memenuhi gaya hidup tersebut.

 

Keywords: Hedonism, Consumerism, Dramaturgy


Full Text:

PDF

References


Amstrong, Michael. 2003. Strategic Human Resource Management. Terjemahan. Atit Cahayani. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Anggelika, Yeny Chintya Rani. 2016. Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa PKn di Universitas Pasundan Bandung). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pasundan Bandung.

Budiman, H. 2002. Lubang Hitam Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.

Featherstone, Mike. 2005. Posmodernisme dan Budaya Konsumen. Terjemahan oleh Misbah Zulfa Elizabeth. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Goffman, Erving. 1959. The Presentation of Self in Everyday Life . Doubleday Anchor: Garden City, New York.

http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/28/20021925/Inilah.Lima.Wajah.Mahasiswa.Indonesia. Diakses Tanggal 1 Februari 2017.

Jati, Wasisto Raharjo. 2013. Memahami Globalisasi sebagai Evolusi Kapitalisme. Jurnal Global & Strategis. Th. 7. No. 2. Hal. 241-258.

Kellner. 2002. Theorizing Globalization. Sociological Theory 20: 285-305.

Kunzmann. U., Stange & A. Jordan. J. 2005. Positive Affectivity and Lifestyle in Adulthood: Do You Do What You Feel?. Society of Personality and Social Psychology. Vol 31. No. 4. Hal. 574-588.

Kotler, Philip. 1993. Manajemen Pemasaran (Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian). Jakarta: FE UI.

Martha. S.H., dan Setyawan, I. 2010. Correlation among self-esteem with a tendency hedonist lifestyle of students At Diponegoro University. Journal of Psychology. Diakses melalui http://www.eprints.undip.ac.id

Manning, Philip. 1991. Drama as Life: The Significance of Goffman’s Changing Use of the Theatrical Metaphor. Sociological Theory 9. Page. 70-86

Manning, Philip. 1992. Erving Goffman and Modern Sociology. Stanford Calif: Stanford University Press.

Melati, Metta Rahma. 2016. Analisis Konsep Dramaturgi Erving Goffman Dalam Pola Penggunaan Ruang Publik Kafe Oleh Mahasiswa di Kota Surakarta. Skripsi. FKIP. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Nugraheni. 2003. Fenomena Gaya Hidup Hedonis pada Remaja. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi UNIKA.

Praja & Damayantie. 2013. Potret gaya hidup hedonisme di kalangan mahasiswa. Jurnal Sociologie. Vol. 1(3). Hal. 184-193.

Rakhmawati, Istina. 2013. Potret Dakwah di Tengah Era Globalisasi dan Perkembangan Zaman. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Vol. 1. No. 1. Januari – Juni 2013. Hal. 75-92.

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. 2004. Teori Sosiologi Modern. Edisi Ke-6. Terjemahan Alimandan. Jakarta: Prenada Media. Hal. 93-94

Salam, B. 2002. Etika Sosial : Asas Moral dalam Kehidupan Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Santoso, Edi. Dkk. 2012. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudarsih, Sri. 2007. Konsep Hedonisme Epikuros Dan Situasi Indonesia Masa Kini. Semarang: UNDIP https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/.../3684 diunduh 5 Januari 2017

Tambingon, Joulanda, Femmy C.M Tasik dan Antonius Purwanto. 2016. Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi di Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik. Vol 1. No. 043 Tahun 2016.

Trimartati, Novita. 2014. Studi Kasus Tentang Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. PSIKOPEDAGOGIA Vol. 3. No.1 Tahun 2014. Hal. 20-28.

Yudhanegara. Firman. 2015. Pancasila Sebagai Filter Pengaruh Globalisasi terhadap Nilai-Nilai Nasionalisme. CENDEKIA Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Vol. VIII No. 2. Juli – Desember 2015. Hal. 165-180.

Yuliyasinta dan Triana Noor Edwina DS. 2017. Gaya Hidup Hedonis pada Mahasiswa Ditinjau dari Harga Diri. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu di Era Revolusi Informasi. ISBN: 978-602-361-068-6. Hal. 344-352.




DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v2i1.2191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

 

 

INDEXED BY   :

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.