MENERAPKAN BLOOM’S TAXONOMY REVISION PADA TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM RANAH KOGNITIF KAJIAN PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

David Firna Setiawan

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk menerapkan revision Bloom’s taxonomy (RBT) pada tujuan pembelajaran umum ranah kognitif. Penerapan dilakukan tershadap kajian persamaan dasar akuntansi. Metode yang digunakan adalah melalui pengklasifikasian tujuan pembelajaran menggunakan RBT. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan RBT pada tujuan pembelajaran umum ranah kognitif dapat dilakukan melalui dua cara yaitu (1) pengembangan tujuan pembelajaran umum, serta (2) penempatan tujuan pembelajaran pada dimensi proses berpikir dan dimensi pengetahuan. Kajian persamaan dasar akuntansi dapat dikembangkan menjadi tiga tujuan pembelajaran umum. Tujuan pembelajaran tersebut ditempatkan pada dimensi proses berpikir memahami, mencipta serta menerapkan. Pada dimensi pengetahuan, tujuan pembelajaran tersebut ditempatkan pada dimensi pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural.

 

Kata Kunci: revision Bloom’s taxonomy, tujuan pembelajaran umum, persamaan dasar akuntansi


Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Sertifikasi Profesi. (2015). Mengembangkan Perangkat Asesmen (MPA). -: Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Diona Amelia, Susanto, A. F. (2015). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember Basic Cognitive Bloom Taxonomy Class VII-A in SMPN 14 Jember ). Jurnal Edukasi UNEJ, 2(1), 1–4.

Dubas, J. M., & Toledo, S. A. (2016). Taking higher order thinking seriously: Using Marzano’s taxonomy in the economics classroom. International Review of Economics Education, 21, 12–20. https://doi.org/10.1016/j.iree.2015.10.005

Ghanem Nayef, E., Rosila, N., Yaacob, N., & Ismail, H. N. (2013). Taxonomies of Educational Objective Domain. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 3(9), 2222–6990. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v3-i9/199

Herliani. (2016). Penggunaan Taksonomi SOLO ( Structure of Observed Learning Outcomes ) pada Pembelajaran Kooperatif Truth and Dare dengan Quick on the Draw untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa pada Biologi SMA, 13(1), 232–236.

Jusup, A. H. (2003). Dasar-dasar akuntansi jilid 1. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Krathwohl, D. R. (2002). GM - Moving to customer-centricity. Automotive Industries AI, 41(4). https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104

Linn, R. L. (2005). Measurement and Assessment in Teaching, 9th Edition. Washington DC: Pearson.

Mager, R. F. (1962). Preparing Instrurctional Objectives. California: Fearon Publisher.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Lampiran Peraturan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Miller, M. D., & Linn, R. L. (2000). Validation of Performance- Based Assessments, 24(4), 367–378.

Muhammad Ridlo Yuwono. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri berdasarkan taksonomi bloom dan alternatif pemecahannya. Beta. Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 111–133. Retrieved from http://www.jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/7

Nahar, N., & Safar, J. (2016). Proceedings of the International Conference on Education towards Global Peace 30 November – 01 December 2016 Kulliyyah of Education, International Islamic Education Malaysia. Proceedings of the International Conference on Education towards Global Peace 30 November - 01 December 2016 Kulliyyah of Education, International Islamic Education Malaysia, (December), 1–17.

Nurul Dwi Pratiwi, W. S. (2015). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Taksonomi Structure of the Observed Learning Outcome ( SOLO ) Untuk Menentukan Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fluida Statis

Nurul Dwi Pratiwi ,Woro Setyarsih Jurusan Fisika , Fakultas Matematika d. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika ( JIPF ), 04(03), 45–49.

Puji Rahayu, L., Ahmad Shakroni Nugroho, A., Santoso, M., & Widodo, S. (2018). Pengembangan Soal Matematika Hots (Higher Order Thinking Skills) Kelas X Berdasarkan Triple Theory. EFEKTOR. UNP Kediri, 5(2).

Rahardjo, S. S. (2004). Akuntansi Suatu Pengantar Edisi Lima. Jakarta: Salemba Empat.

Setiawan, D. F. (2018). Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sideeg, A. (2016). Bloom’s Taxonomy, Backward Design, and Vygotsky’s Zone of Proximal Development in Crafting Learning Outcomes. International Journal of Linguistics, 8(2), 158. https://doi.org/10.5296/ijl.v8i2.9252




DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v3i2.3201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

 

 

INDEXED BY   :

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.