PEMBELAJARAN PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN DI ERA NEW NORMAL
Abstract
Pembelajaran praktik kewirausahaan merupakan mata kuliah yang memerlukan pengarahan berkesinambungan serta pendampingan yang intensif. Pandemi covid 19 memaksa agar pembelajaran dilakukan jarak jauh (daring). Mentri Pendidikan, Nadiem Makarim memberikan aktivitas prioritas bagi mahasiswa, namun hal itu hanya berlaku bagi mahasiswa yang mempersiapkan kelulusan. Case study kualitatif di pilih untuk mendeskripsikan pembelajaran praktik kewirausahaan saat ini pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. Hasil penelitian menjawab 4 indikator pembelajaran praktik kewirausahaan seperti motivasi berwirausaha, metode, kemampuan dosen dan pengalaman lapangan. Simpulan dari penelitian ini, pembelajaran pratik kewirausahaan yang dapat dilakukan pada masa new normal antara lain: 1) Pemaparan rencana bisnis tetap bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi video seperti zoom cloud dan google classroom. 2) Pemantauan pembuatan produk mengunakan aplikasi video maupun chatting. 3) Pendampingan mahasiswa dilakukan dengan melaporkan hasil praktikum setiap ada progress dari produk yang ditawarkan, 4) Produk-produk pangan layak jual bisa di arahkan untuk di daftarkan perijinan Poduksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dengan didampingi dosen terkait.
Kata kunci: pembelajaran, praktik kewirausahaan, new normal
Full Text:
PDFReferences
Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Fahmi, R., & Amanda, T. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.30653/003.201952.74
Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286
Jogja, T. (2020, May). UPDATE 26 Mei 2020 Peringkat Jumlah Pasien Virus Corona Negara Dunia, Indonesia 32, USA 1, China 14. Jogja.Tribunnews.Com.
https://jogja.tribunnews.com/2020/05/26/update-26-mei-2020-peringkat-jumlah-pasien-virus-corona-negara-dunia-indonesia-32-usa-1-china-14
Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal of E-Learning, 5(3), 195–206.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v5i2.6547
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
INDEXED BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.