KANTIN KEJUJURAN MEDIA IMPLEMENTASI NILAI ETNOPEDAGOGI EKONOMI PADA SISWA
Abstract
Etnopedagogi ekonomi adalah praktek pendidikan berbasis kearifan lokal pada bidang ekonomi. Pada tingkat SMP implementasi nilai-nilai etnopedagogi ekonomi perlu dilakukan melalui berbagai metode dan media yang inovatif sehingga mampu menarik perhatian siswa untuk memahami dan mengaplikasikannya. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah melalui kantin kejujuran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kantin kejujuran sebagai media implementasi nilai etnopedagogi ekonomi pada siswa SMP N 2 Semarang. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Siswa SMP N 2 Semarang sebanyak 20 orang diwawancarai secara mendalam dan diobservasi selama 3 bulan untuk mengetahui implementasi nilai etnopedagogi Jawa “Ojo Grusa Grusu lan Waton Suloyo” yang di dalamnya terdapat nilai kejujuran, ketelitian dan kehati-hatian saat bertransaksi di kantin kejujuran. Hasilnya menunjukkan 90% siswa bersikap jujur, teliti dan hati-hati, sedangkan 10% lainnya bersikap tidak jujur, tergesa-gesa, ceroboh tetapi dilakukan secara tidak sengaja yakni mengambil kembalian yang berlebih karena tergesa-gesa dan ceroboh. Oleh karenanya, kantin kejujuran dapat dimanfaatkan sebagai media penanaman nilai etnopedagogi ekonomi pada siswa SMP yang efektif dan efisien.
Kata Kunci: Kantin Kejujuran, Media, Implementasi, Nilai Etnopedagogi Ekonomi, Siswa
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, NN & Nasionalita, K. 2018. Pengaruh Sosialisasi terhadap Pengetahuan Pelajar Mengenai Hoax (Studi pada Program Diseminasi Informasi melalui Media Jukrak di SMKN 1 Pangandaran). Channel. Vol. 6 (1). hal. 106-119.
Berger, Peter L. 1984. Invitation to Sociology: A Humanistic Perspective. USA: Penguin Books.
Irawatie, A., Iswahyuni, Setyawati, M.E. 2019. Education Learning Development of Character Education-Based State Defense. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. Vol. 6 (2) pp. 27-42.
Kamaruddin, S.A. 2012. Character Education and Students Social Behavior. Journal of Education and Learning. Vol. 6 (4) pp. 223-230.
Maunah, B. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 5 (1). hal. 90-101.
Mead, G. 1943. Mind, Self, and Society. Chichago: University of Chichago. Press
Oktavianti, I & Ratnasari, Y. 2018. Etnopedagogi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol. 8 (2), hal. 150-154.
Pattaro, C. 2016. Character Education: Themes and Researches. An academic Literature Review. Italian Journal of Sociology of Education. Vol. 8 (1) pp. 6-30.
Putra, P. 2017. Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD/MI. Primary Education Journal (PEJ). Vol. 1 (1). hal. 17-23.
Pradigdo. 2010. Kantin Kejujuran Bentuk Kegiatan Anti Korupsi. Makalah yang disajikan dalam Workshop Kantin Kejujuran Dinas Pendidikan, Jawa Tengah, 11 Agustus 2010, h. 7.
Ramadan, Z.H. 2019. Etnopedagogi di SD Negeri 111 Kota Pekanbaru. ESJ (Elementary School Journal). Vol. 9 (3). hal. 190-200.
Selasih, N.N & Sudarsana, I.K. 2018. Education Based on Ethnopedagogy in Maintaining and Conserving the Local Wisdom: A Literature Study. Jurnal Ilmiah Peuradeun (JIP), the International Journal of Social Sciences. Vol. 6 (2) pp. 293-306.
Suciptaningsih, OA & Haryati, T. 2019. Character Education Model For Junior High School Students Based On Java Ethnopedagogic. International Journal of Scientific & Technology Research. Vol. 9 (2) pp. 201-210.
Trimulyaningsih, N. 2017. Konsep Kepribadian Matang dalam Budaya Jawa-Islam: Menjawab Tantangan Globalisasi. Buletin Psikologi. Vol. 25 (2). hal. 89-98.
DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v5i2.7136
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
INDEXED BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.