ETNIK KREATIF PENGRAJIN SANITAIR SEBAGAI ANTESEDEN KEWIRAUSAHAAN RAKYAT
Abstract
Industri kreatif di Malang mensyaratkan adanya kelompok masyarakat yang mengembangkan ide-ide dan produk kreatif berdasarkan pada kekuatan intelektual, keberdayaan seni budaya,teknologi sesuai perkembangan di era disrupsi ekonomi ,yang muncul atas dasar kebutuhan masyarakat yang berubah secara eksponensial. Industri kreatif yang berbasis pada kearifan dan atribut budaya lokal harus dikembangkan salah satunya karya produk kerajinan sanitair Karangbesuki di Malang. Output sanitair yang berbasis pada kebudayaan lokal menjadi bagian identitas penting dalam ekonomi rakyat di Malang, karena dapat menjadi ikon yang melibatkan masyarakat sehingga perkembangan industri dapat dinikmati secara bersama. Industri sanitair Karangbesuki memiliki segi intelektual dan budaya, yang dikembangkan melalui kajian-kajian potensial, baik oleh pengelola dan pelakunya, maupun terhadap produk-produk yang akan dihasilkan. Paper ini menganalisis model pengembangan ekonomi kreatif untuk kluster industri sanitair di Malang melalui inovasi yang merujuk pada eksistensi indigeneous culture yang penulis sebut sebagai anteseden Etnik Kreatif. Dalam kajian ini, peneliti menggunakan paradigma new institutional economics, paradigma kualitatif interpretative, studi naratif dan rapid rural appraisal (RRA) digunakan sebagai proksi dalam merekonstruksi eksistensi atribut budaya lokal dalam desain produk sanitair Karangbesuki. Berdasarkan hasil rekonstruksi secara analitis tersimpul bahwa eksistensi dari anteseden etnik kreatif produk sanitair Karangbesuki memberi kontribusi secara signifikan terhadap perkembangan kewirausahaan rakyat di Malang.
Kata Kunci: Etnik Kreatif, Pengrajin Sanitair, Anteseden Kewirausahaan Rakyat
Full Text:
PDFReferences
Ardiana dan Subaedi.2010. Kompetensi Sumber Daya Manusia dalam UMKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Ekonomi Surabaya. Jurnal Manajemen Kewirausahaan 12 (1) pp. 40-51
Carter and John.2014. Social Media Strategy on Small Business. Business International Journal 9 (1) pp.1-12
Cresswell.2012.Educational Research, Qualitative Research Design. Boston:M.A Pearson
Endowan and Watson.2011. The History of Social Media to Business Impact. Management and Entrepreneurship Journal.16 (3) pp.1-15
Laksana.2008. Pendekatan Praktis dalam Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu. Jakarta
Nety.2011. Social Media in Role Marketing. Jornal of Enterprisess Business System 1 (2) pp.1-17
Ojojuku and Sagujibe (2015). The Effect of Human Capital Development in Nigeria. Emerging Trends in Educational research Journal.4 (3) pp. 1-14
Oyelana and Finesha A.2014. An Investigation The Effect of Small Medium Enterprises (SMEs) on Social Economic Development in Cape Province, South Africa. Mediteran Social Science Journal.5 (2) pp.1-13
Pangestu.2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Departemen Perdagangan Republik Indonesia.
Puspasari.2019. Model Etkraf dan Jejaring Spektrum Digital bagi UKM di Malang. Prosiding Senadimas Ke 4 Tahun 2019 ISBN 987.63.7482.00
DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v6i1.8400
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
INDEXED BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.