PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL KELAS V SEMESTER 1 SDN 1 PECANGAKAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Hisyam Novian Maulana, Filia Prima Artharina, Murniati Murniati

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif pembelajaran tematik kelas V SDN 1 Pecangakan. Sebesar 37,5% peserta didik yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal tersebut disebabkan karena kurangnya variasi dalam penggunaan model dan media pembeajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Kelas V Semester 1 SDN 1 Pecangakan Pemalang Tahun Pelajaran 2022/2023” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V SDN 1 Pecangakan Pemalang yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantu media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu minimal 75%. Pada siklus I persentase ketuntasan peserta didik yaitu 58,33%. Siklus II mengalami peningkatan yaitu 70,83%, dan siklus III yaitu 91,67%. Disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Tema 1 kelas V semester 1 SD Negeri 01 Pecangakan Pemalang.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v2i2.13302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.