PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 02 PAIT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Peserta didik Kelas III SD Negeri 02 Pait Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Flash Card. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 02 Pait Kabupaten Pekalongan. Waktu penelitian ini dimulai pada bulan Agustus sampai September 2022 dari tahap prasurvei hingga dilaksanakan tindakan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, memilih model yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Kriteria ketuntasan minimal kelas ini 68, hasil belajar dianalisis secara kualitatif. Instrumen menggunakan tes. Hasil penelitian dengan merapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media Flash Card, dapat diambil kesimpulan bahwa Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik di setiap siklus, siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 71,60 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 53%. Siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I yakni mencapai 75,33 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 67%. Siklus III diperoleh rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dari siklus I dan siklus II yaitu sebesar 81,27 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%. sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaakan model pembelajaran Problem Based Learningdengan media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v2i2.13362