PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI TEMA 1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP KELAS VI SDN PLELEN 01 GRINGSING KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Dian Purnamasari, Choirul Huda, Miyarti Miyarti

Sari


Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas VI di SD Plelen 01 Kecamatan Gringsing Batang pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian tindakan, menggunakan tiga siklus Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023, berlokasi di SD Plelen 01. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Plelen 01 dan objek penelitiannya adalah aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Validasi data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah content validity dan trianggulasi sumber. Teknik analisis yang dipergunakan adalah analisis diskriptif komparatif. Pada kondisi awal siswa kelas VI di SD Plelen 01 Kecamatan Gringsing pada Materi tema 1 Selamatkan makhluk hidup termasuk pada kategori rendah. Dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ternyata dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Setelah guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning diketahui terjadi peningkatan kemampuan aktifitas dan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi tema 1. Terbukti dengan peningkatan dari kondisi awal aktifitas 40% meningkat menjadi 62% pada siklus 1 meningkat menjadi 73% pada siklus 2 dan meningkat menjadi 84% pada siklus 3. Demikian juga untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari ketuntasan belajar 33%  pada kondisi awal meningkat menjadi 55% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 73% pada siklus 2 dan meningkat menjadi 87% pada siklus 3. Dengan demikian maka penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas VI di SD Plelen 01 Kecamatan Gringsing pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/ 2023


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nurhadi, dkk (2009).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Jurnal: Universitas Negeri Surabaya

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen. Diunduh 07 Agustus 2022. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Winarti, Sri. 2014. Pengertian Belajar.Semarang : Tiara Wacana




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v2i2.13472

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright of Indonesian Journal of Elementary School

ISSN 3030-8437 (Print), ISSN 3025-7646 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Muhammad Arief Budiman, S.S., M.Hum.
Email: ariefbudiman@upgris.ac.id

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.