PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA BAPER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS II SD NEGERI 1 TEGOWANU KULON
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah Model pembelajaran Snowball Throwing berbantu Media BAPERmampu berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan mengatasi kesulitan siswa dalam berhitung operasi perkalian siswa kelas II SDN 1 Tegowanu Kulon. Pengumpulan data melalui beberapa cara diantaranya observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Pada desain ini, pengujian dilakukan dua kali yaitu sebelum dan sesudah diberi perlakuan pretest-posttest. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil belajar pretest rata-rata sebesar 54. Sedangkan hasil belajar posttest diperoleh rata-rata sebesar 82, kemudian dilakukan analisis hasil data menggunakan Uji-t yangakan mengungkapkan apakah perlakuan tersebut efektif atau tidak. Dengan N= 25 didapatkan nilai thitung sebesar 11.490 dan db= 25 + 25-1 diperoleh 49 dengan taraf signifikansi 5% didapatkan ttabel sebesar 2.010. Maka nilai thitung > ttabel (11.490 > 2.010), jadi artinya Ha diterima. Maka Ada perbedaan hasil belajar matematika kelas II SDN 1 Tegowanu Kulon antara sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media BAPER .
References
Awe, Ermelinda Yosefa, and Kristina Benge. "Hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar ipa pada siswa SD." Journal of Education Technology 1.4 (2017): 231-238
Hastuti, Hikmah Wiji, Sunan Baedowi, and Qoriati Mushafanah. "Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar." International Journal of Elementary Education 3.2 (2019): 108-115
Khairiah, Dina, Efrida Mandasari Dalimunthe, and Ika Nuraini Nasution. "Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Dengan Media Gambar” Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) 2.01 (2020): 40-48.
Kusumawati, Naniek. "Pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan snowball throwing terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas iv sdn bondrang kecamatan sawoo kabupaten ponorogo." Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 2.1 (2017): 1-12.
Matondang, Zulkifli, et al. Evaluasi Hasil Belajar. Yayasan Kita Menulis, 2019.
Maulana, Ihsan Maulana, Yaswinda Yaswinda, and Nurhamidah Nasution. "Pengenalan Konsep Perkalian Menggunakan Media Rak Telur Rainbow pada Anak Usia Dini." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.2 (2020): 512-519.
Mushafanah, Qoriati, and Novita Rahmanika Yan. "Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Cita-Citaku Kelas IV SD N 6 Suwawal .” Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) 4.1 (2014).
Nugraheni, Nursiswi. “Impelementasi Permainan Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.” Journal of Medives,2017.
Nurrita, Teni. "Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa."Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah 3.1 (2018): 171.
Noviyanti, Adhystya Indah Dwi, Sumarno Sumarno, and Ervina Eka Subekti. "Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Media Dakon Matematika Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SD.” JS (Jurnal Sekolah) 2.1: 112-115.
Pamungkas, Muhammad Nurhidayat. "Perbedaan Penggunaan Media Batang Perkalian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Se-Gugus Baturetno Banguntapan.” E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan 8.1 (2019): 1-9. Diakses 18 November 2022.
Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. "Belajar dan pembelajaran." Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3.2 (2017): 333-352.
Parnawi, Afi. Psikologi belajar. Deepublish, 2019.
Priyastuti, Kurnia Emi. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Snowball Throwing." Jurnal Kewarganegaraan 5.1 (2021): 92-100.
Rohani, Rohani. "Media pembelajaran." (2019).
Suardi, Moh. Belajar & pembelajaran. Deepublish, 2018.
Subekti, Ervina Eka, and Dyah Frizka Istiyanti. "Komik Bilangan Romawi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1v SD." Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) 6.2 (2016).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 2018
Yayuk, Erna. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Vol. 1. UMMPress, 2019.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.15198
Refbacks
- There are currently no refbacks.