PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS II SDN DUKUTALIT 01 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa kelas II SDN Dukutalit 01 dalam pembelajaran tematik. Hal ini disebabkan ini oleh metode pembelajaran yang digunakan cenderung berpusat pada guru. Fokus penelitian dalam penelitian ini : 1) kurangnya keaktifan siswa kelas II, 2) Penerapan Metode Peer Teaching di kelas II, 3) pemahaman siswa setelah diterapkan Peer Teaching, 4) kekurangan dan kelebihan metode Peer Teaching. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Peer Teaching untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas II SDN Dukutalit 01 dalam pembelajaran tematik. Penelitian yang dibuat merupakan penelitian kualitatif dengan metode observasi , wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru mengubah metode pembelajaran yang awalnya cenderung berpusat kepada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa, metode pembelajaran tersebut adalah metode pembelajaran Peer Teaching . penerapan metode Peer Teaching adalah dengan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, dalam kelompok tersebut ada siswa yang berperan sebagai guru (tutor) dan ada siswa yang berperan sebagai murid. Siswa yang sebagai guru mengajari siswa yang berperan sebagai murid. Siswa sangat antusias dengan peran tersebut dan hasil pengamatan 5 dari 7 kelompok tutor menunjukkan hasil yang baik dalam proses belajar tutor sebaya.
Kata kunci : Peer Teaching, Keaktifan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.15459
Refbacks
- There are currently no refbacks.