ANALISIS PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KARAKTER ANAK KELAS V BATANG

Windi Firgania, Ari Widyaningrum, Kiswoyo Kiswoyo

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Dampak Penggunaan Aplikasi Tiktok sebagai media pembelajaran karakter anak kelas V SDN Krengseng 01 Batang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan dilapangan berdasarkan observasi dan wawancara serta dokumen lainnya. Objek dari penelitian ini adalah guru dan siswa SDN Krengseng 01, dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu mengadakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisis data ini adalah mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada dampak yang signifikan dalam penggunaan media tiktok terhadap karakter peserta didik. Dari hasil penelitian pendahuluan yang dilakukan oleh analis diperoleh hasil yang menyatakan bahwa pemanfaatan media online tiktok dapat membuat karakter siswa tersebut. Sehingga media berbasis aplikasi tiktok ini merupakan faktor luar yang membuat karakter siswa. Saran-saran yang peneliti tujukan kepada pihak yang terkait seperti guru. Guru diharapkan lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran dan menggunakan teknik yang berinovatif.


References


AECT (Association for Educational Communication and Technology). Evaluating Media Programs District and School, Washington, D.C : The Association, 1976

Aji, W. N. (2017). Implementasi Kuriku-lum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Klaten.Jurnal VARIDIKA,29(1),1 8.https://doi. org/https://doi.org/10.23917/varidika.v29i1.5141

Aji, Wisnu Nugroho. (2018). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra.Jurnal Pembelajaran dan Sastra. 6 (2), 147-157.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Haryono dan Surryono, Belajar dan Pembelajaran, 2014. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kriyantono, R. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35

Miarso, Yusufhadi, (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru . Jakarta: Referensi (Gaung Persada Press Group)

Rahmawati, Siska. 2018. Institutional Repositories & Scientific Journals. Fenomena Pengguna Aplikasi TikTok di Kalangan Mahasiswa Universitas Pasundan Bandung

Rizky Nurcahyati, 18 Nilai-nilai Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia dan Contohnya, http://rumahinspirasi.com/18-nilai-dalam-pendidikan-karakter-bangs/ (diakses tanggal 5 Oktober 2022)

Sulisworo, D. (2016). The Contribution ofthe Education System Quality toImprove the Nation's Competitivessof Indonesia.Journal of Educationand Learning (Edulearn), 10(2), 127.https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i2.3468

Supriyadi. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Jaya Ilmu.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Triastuti, Endah, dkk, 2017. Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak Dan Remaja, Puskakom.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.