PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SDN BUGANGAN 01

Rospita Atut, Siti Patonah, Ferina Agustini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami konten ilmiah tentang siklus air, kurangnya pemanfaatan lingkungan belajar oleh siswa  bosan dengan pembelajaran yang diselesaikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan media Flipbook berbasis Augmented Reality serta membantu siswa memahami materi  saintifik siklus air menggunakan media Flipbook berbasis Augmented Reality. Teknologi ini dapat mengubah tampilan barcode di layar smartphone menjadi tampilan 3D lebih real. Metode penelitian dan pengembangan (research and development). Teknik analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data berupa angka yang berasal dari validasi  oleh ahli materi, media, guru dan siswa. Kelayakan produk dilakukan melalui validasi media, materi dan guru  Kelas V. Evaluasi ahli media memberikan skor 91,6% dari ahli materi, dengan kategori "sangat relevan". Sedangkan hasil validasi ahli media terlatih 90% berada pada kategori “Sangat Relevan”. Persentase guru pada evaluasi hasil adalah 93% siswa dengan 97,59%, sehingga termasuk dalam kategori "Sangat relevan". Untuk media Flipbook berbasis Augmented Reality memenuhi kriteria layak digunakan selama pembelajaran. Pengembangan media dikembangkan melalui 5 langkah pengembangan produk layak dan valid. Karena pengembangan Media Flipbook Berbasis Augmented Reality telah sinkron menggunakan langkah pengembangan dan layak dipakai menjadi media pendamping buku guru. Sehingga pengembangan Media Flipbook Berbasis Augmented Reality memenuhi kriteria layak digunakan guru dalam pembelajaran. 


References


Al Fatah, S. M., Jupriyanto, & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Analisis Media Pembelajaran Multimedia Interaktif terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 7(9), 1689– 1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arisyanto, P., Prasetyo, S. A., Untari, M. F. A., & Sundari, R. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat Berbasis Android Bagi Mahasiswa PGSD UPGRIS. Jurnal Basicedu, 5(3), 1584–1592. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/945

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo

Deni, S. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Kelas V Di SD Negeri Sleman 1. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 7, 562–570

Kamelia, L. 2015: 238. Perkembangan Teknologi Augmented Reality

Science, P., Learning, T., Virtual, K., & Patonah, S. (n.d.) 2020. Pembelajaran Science Technology Learning Cycle ( Stlc ). Model di Kelas Virtual Perkenalan. 500–510.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015, Cet. XXI

Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan. Bandung: Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot