PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SDN BUGANGAN 01
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami konten ilmiah tentang siklus air, kurangnya pemanfaatan lingkungan belajar oleh siswa bosan dengan pembelajaran yang diselesaikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan media Flipbook berbasis Augmented Reality serta membantu siswa memahami materi saintifik siklus air menggunakan media Flipbook berbasis Augmented Reality. Teknologi ini dapat mengubah tampilan barcode di layar smartphone menjadi tampilan 3D lebih real. Metode penelitian dan pengembangan (research and development). Teknik analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data berupa angka yang berasal dari validasi oleh ahli materi, media, guru dan siswa. Kelayakan produk dilakukan melalui validasi media, materi dan guru Kelas V. Evaluasi ahli media memberikan skor 91,6% dari ahli materi, dengan kategori "sangat relevan". Sedangkan hasil validasi ahli media terlatih 90% berada pada kategori “Sangat Relevan”. Persentase guru pada evaluasi hasil adalah 93% siswa dengan 97,59%, sehingga termasuk dalam kategori "Sangat relevan". Untuk media Flipbook berbasis Augmented Reality memenuhi kriteria layak digunakan selama pembelajaran. Pengembangan media dikembangkan melalui 5 langkah pengembangan produk layak dan valid. Karena pengembangan Media Flipbook Berbasis Augmented Reality telah sinkron menggunakan langkah pengembangan dan layak dipakai menjadi media pendamping buku guru. Sehingga pengembangan Media Flipbook Berbasis Augmented Reality memenuhi kriteria layak digunakan guru dalam pembelajaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al Fatah, S. M., Jupriyanto, & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Analisis Media Pembelajaran Multimedia Interaktif terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 7(9), 1689– 1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arisyanto, P., Prasetyo, S. A., Untari, M. F. A., & Sundari, R. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat Berbasis Android Bagi Mahasiswa PGSD UPGRIS. Jurnal Basicedu, 5(3), 1584–1592. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/945
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo
Deni, S. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Kelas V Di SD Negeri Sleman 1. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 7, 562–570
Kamelia, L. 2015: 238. Perkembangan Teknologi Augmented Reality
Science, P., Learning, T., Virtual, K., & Patonah, S. (n.d.) 2020. Pembelajaran Science Technology Learning Cycle ( Stlc ). Model di Kelas Virtual Perkenalan. 500–510.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015, Cet. XXI
Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan. Bandung: Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17148
Refbacks
- There are currently no refbacks.