PENERAPAN METODE JARIMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS II SD IT MUHAMMADIYAH TRUKO

Awalina Fadiyah Luqyana Faatin, Siti Patonah, Mudzanatun Mudzanatun

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah dimana rata-rata siswa kelas II mendapatkan nilai rendah pada mata pelajaran matematika. Siswa juga belum memahami metode berhitung penjumlahan dan pengurangan menggunakan metode jarimatika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk True Eksperimental Design dengan desain Pre-test Post-test Control-Group Design. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak yaitu kelompok kelas eksperimen untuk kelas II A dan kelompok kelas kontrol untuk kelas II B. Hasil analisis pada kelas kontrol, diperoleh nilai pre-test terendah 30 dan nilai tertinggi 70 dengan rata-rata 50. Sedangkan nilai terendah post-test 40 dan nilai tertinggi 90 dengan rata-rata 66. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai pre-test terendah 35 dan nilai tertinggi 75 dengan rata-rata 59. Sedangkan nilai post-test terendah 70 dan nilai tertinggi 100 dengan rata-rata 83. Berdasarkan analisis uji t menggunakan uji Independent Sample t-Test, dapat diketahui bahwa terdapat nilai rata-rata pada post-test kelas eksperimen sebesar 83,25 dan post-test kelas kontrol sebesar 65,50. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan pemahaman berhitung siswa menggunakan metode jarimatika yang menerapkan model Pembelajaran Problem Based Learning dengan yang menerapkan model Konvensional.

Kata Kunci: Jarimatika, Penjumlahan dan Pengurangan


References


Aledya, V. (2019). Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa, 2(May), 0–7.

Anjani, Arum Dwi, Devy Lestari Nurul Aulia, and Suryanti. 2021. “Metodologi Penelitian Kesehatan.” Pena Persada 1(69): 1–150.

Aritonang, Lisa Agave, and Dewi Safitri Elsap. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Jarimatika.” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 2(6): 363.

Febrizalti, T., and Saridewi. 2020. “Stimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Metode Jarimatika.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(3): 1840–48. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/656.

Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103

Ikhwani Saufa, and Husni Thamrin. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Metode Jarimatika Di Panti Asuhan Washliyah Lubuk Pakam.” ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora 1(1): 131–35.

Irmayanti, Jurnianti, Hidayah, N., Mirna, & Islamiah, N. (2022). Pendampingan belajar matematika metode jarimatika di taman baca karlos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 184–188.

Iswanto. 2016. “Analisi Persepsi Dosen Terhadap Perbankan Syariah (Studi Kasus Dosen Fakultas Ekonomi UMN).” Jurnal Ekonomi Islam IV (2): 436–56.

Jermis Bagus Bakhtiyar, Farhan Saefudin Wahid, and Ubaedillah. 2022. “Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Prapag Lor 01.” SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(2): 142–48.

Lanya, Harfin, Septi Dariyatul Aini, and Sri Irawati. 2020. “Pelatihan Metode Jarimatika Sebagai Alternatif Dalam Pembelajaran Matematika SD.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 5(2): 390–98. http://www.ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/293.

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.

Pitaloka, D., & Wahid, S. M. (2022). Pemanfaatan Media Kantong Bilangan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung. Pendidikan dan Aplikasi Matematika, 26-36.

Pradana, A. A., & Ummah, J. (2020). Pengaruh Media Sempoa Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan Siswa Kelas II MI. PREMIERE: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 12-26.

Ruqoyyah, S., & Siliwangi, I. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematik Untuk Siswa SD Kelas IV Dengan Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan. Journal of Elementary Education, 04(02), 257–265. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/6354

Soegijanti, M. M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian dengan Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas II SD Negeri Kemijen 02 Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah 3(2): 223–32.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta Bandung

SM, Aribowo, Adelina Lubis, and Hesti Sabrina. 2020. “Pengaruh Loyalitas Dan Integritas Terhadap Kebijakan Pimpinan Di PT. Quantum Training Centre Medan.” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 1(1): 21–30.

Thoyyibah, Dzurriyatin. 2020. “Metode Jaritmatika Untuk Melatih Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Peserta Didik Kelas 2 Sd.” Tunas Nusantara 2(2): 231–41.

Unaenah, E., Nur Syariah, E., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S., Novyanti, A., Sulaehatun Nupus, F., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Pemahaman Siswa Dalam Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Garis Bilangan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 296–310. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Utami, N. A., & Humaidi. (2019). Analisis Kemampuan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Siswa SD. Jurnal Elementary : Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 39–43. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/1299




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.17670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.