PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASlS HOTS PADA MATERl BANGUN RUANG BERBANTU LlVE WORKSHEETS SlSWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Nur Azelin, M. Yusuf Setia Wardana, Singgih Adhi Prasetyo

Abstract


Permasalahan yang mendorong penelitian ini adalah minimnya variasi dalam mengajar, guru belum menggunakan E-LKPD yang berbasis HOTS, peserta didik kurang mengasah kemampuan berpikir tingkat tingginya, peserta didik kurang memahami dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Jenis peneIitian ini menggunakan Research and DeveIopment (R&D). SampeI  yang diambiI adalah siswa SDN Tanjunganom kelas V  yang berjumIah 11 peserta didik menggunakan teknik NonprobabiIity  SampIing berbentuk sampIing jenuh. Produk memenuhi kriteria sangat vaIid berdasarkan rata-rata hasiI anaIisis vaIidasi ahIi media mendapatkan presentase 97% dan rata-rata hasil analIsis ahIi materi mendapatkan presentase 99,33%. Dan memenuhi kriteria sangat praktis pada hasiI rata-rata peniIaian guru sebesar 100% dan hasiI angkat respon peserta didik sebesar 93,33%. Sehingga pada proses pembeIajaran berIangsung, E-LKPD Live Worksheets dapat membuat peserta didik tertarik, bersemangat, dan berkonsentrasi sebagai pendukung pembeIajaran, dan dapat meIatih kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik.


References


Andi, Prastowo. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Kencana.

Haryanti, Yuyun Dwi. 2017. “Model Problem Based Learning Membangun.” Cakrawala Pendas 3(2):57–63.

Hidayah, Prastyaning, Mei Fita Asri Untari, and M. Yusuf Setya Wardana. 2018. “Pengembangan Media Sepeda (Sistem Peredaran Darah) Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” International Journal of Elementary Education 2(4):306. doi: 10.23887/ijee.v2i4.16109.

Khotimah, Rita Pramujiyanti, Meilina Cahya, and Prima Sari. 2020. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS ( HOTS ) MENGGUNAKAN KONTEKS LINGKUNGAN Pendidikan Matematika , Universitas Muhammadiyah Surakarta , Surakarta , Indonesia Abstrak PENDAHULUAN Higher Order Thinking Skills ( HOT.” Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9(3):761–75.

Tegeh, I. Made, and I. Made Kirna. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model.” Jurnal IKA 11(1):16.

William, Lee, and Diana L. Owen. 2004. Multimedia-Based Instructional Design: Computer-Based Training, Web-Based Training, and Distance Learning. USA: John Wiley & Sons.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.