PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASlS HOTS PADA MATERl BANGUN RUANG BERBANTU LlVE WORKSHEETS SlSWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Permasalahan yang mendorong penelitian ini adalah minimnya variasi dalam mengajar, guru belum menggunakan E-LKPD yang berbasis HOTS, peserta didik kurang mengasah kemampuan berpikir tingkat tingginya, peserta didik kurang memahami dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Jenis peneIitian ini menggunakan Research and DeveIopment (R&D). SampeI yang diambiI adalah siswa SDN Tanjunganom kelas V yang berjumIah 11 peserta didik menggunakan teknik NonprobabiIity SampIing berbentuk sampIing jenuh. Produk memenuhi kriteria sangat vaIid berdasarkan rata-rata hasiI anaIisis vaIidasi ahIi media mendapatkan presentase 97% dan rata-rata hasil analIsis ahIi materi mendapatkan presentase 99,33%. Dan memenuhi kriteria sangat praktis pada hasiI rata-rata peniIaian guru sebesar 100% dan hasiI angkat respon peserta didik sebesar 93,33%. Sehingga pada proses pembeIajaran berIangsung, E-LKPD Live Worksheets dapat membuat peserta didik tertarik, bersemangat, dan berkonsentrasi sebagai pendukung pembeIajaran, dan dapat meIatih kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik.
Full Text:
PDF 20-27 (Bahasa Indonesia)References
Andi, Prastowo. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Kencana.
Haryanti, Yuyun Dwi. 2017. “Model Problem Based Learning Membangun.” Cakrawala Pendas 3(2):57–63.
Hidayah, Prastyaning, Mei Fita Asri Untari, and M. Yusuf Setya Wardana. 2018. “Pengembangan Media Sepeda (Sistem Peredaran Darah) Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” International Journal of Elementary Education 2(4):306. doi: 10.23887/ijee.v2i4.16109.
Khotimah, Rita Pramujiyanti, Meilina Cahya, and Prima Sari. 2020. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS ( HOTS ) MENGGUNAKAN KONTEKS LINGKUNGAN Pendidikan Matematika , Universitas Muhammadiyah Surakarta , Surakarta , Indonesia Abstrak PENDAHULUAN Higher Order Thinking Skills ( HOT.” Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9(3):761–75.
Tegeh, I. Made, and I. Made Kirna. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model.” Jurnal IKA 11(1):16.
William, Lee, and Diana L. Owen. 2004. Multimedia-Based Instructional Design: Computer-Based Training, Web-Based Training, and Distance Learning. USA: John Wiley & Sons.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17847
Refbacks
- There are currently no refbacks.