NGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINI ZOO PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN BAGI KELAS 3 SD

Fut Atin Nashikah, Ferina Agustini, Mei Fita Asri Untari

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran Mini Zoo pada materi perkembangbiakan hewan bagi siswa kelas 3 SD dan mengevaluasi kevalidan media pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima fase: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Data dikumpulkan melalui analisis kebutuhan dan angket respon, yang kemudian dianalisis menggunakan skala Guttman. Media pembelajaran mini zoo pada materi perkembangbiakan hewan bagi kelas 3 SD yang dikembangkan oleh peneliti sudah melalui tahap validasi ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat layak. Uji validasi ahli media 1 diperoleh presentase 95%, ahli media 2 diperoleh presentase 92,5% dengan perhitungan reliabel mendapat nilai 95,7%. Pada uji validasi ahli materi 1 diperoleh presentase 79,5% dan ahli materi 2 diperoleh presentase 97,7%. Hasil rata-rata ahli media 93,7% dan rata-rata ahli materi 88,5%. Dengan perhitungan nilai realibilitas antara validator ahli media 1 dan 2 mendapat nilai 98,7% sedangkan nilai realibilitas antara ahli materi 1 dan 2 mendapat nilai 89,8%.

 


Keywords


Kata Kunci: Kata Kunci : media, mini zoo, perkembangbiakan

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Branch, R. M. (2009). Instructional design : The ADDIE approach. Springer.

Budiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mustikasari, G., Wijayanti, A., & Agustini, F. (2021). Pengembangan Media Video Berbasis Pendekatan Kontekstual Tema 7 Sub Tema 1 Kelas IV SDN Mranggen 2 Demak. Wawasan Pendidikan, 1(2)

Nasution, S. (2017). Metodologi penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan partisipatif. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Ningrum, Putri Azzahrotus Adi. 2024. "Pengembangan Media Pembelajaran Miniature Zoo (Minzoo) Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan untuk Peserta Didik Kelas V." Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Nisa. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Mini Zoo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD pada Materi Perkembangbiakan Hewan. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia.

Piaget, J. (1970). Science of education and the psychology of the child. New York: Grossman

Sudjana, Nana, & Rivai, Ahmad. 2008. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaodih, Nana. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, I. ., Untari, M. F. A. ., & Fitrianingsih. (2023). 31. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Berbantuan Media 74 Papahan Siswa Kelas II SD Negeri Tambirejo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 257–263. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article /view/3907




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i2.19612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.