PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL INQUIRY SECARA DARING TEMA 8 SISWA KELAS II SDIT PLUS MUTIARA UMAT PEKALONGAN

Anisha Yuniar Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model Inquiry. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas II SDIT Plus Mutiara Umat Bojong Pekalongan berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan tes tertulis. Penelitian dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/pengumpulan data, refleksi. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan pengamatan dari teman observer diperoleh data siswa yang aktif dalam proses pembelajaran, setelah dilakukan penelitian pada saat kondisi awal dari 23 siswa hanya 4 siswa dengan presentase 17% yang mampu tuntas sedangkan 19 siswa dengan presentase 83% belum tuntas. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model inquiry pada siklus I di dapatkan hasil 11 siswa dengan presentase 47% siswa mampu tuntas dalam pembelajaran dan sisanya 12 siswa belum tuntas dengan presentase 53%. Pada siklus II di dapatkan hasil bahwa 20 siswa mampu tuntas dengan presentase 86% dan sisanya 14% belum tuntas. Kemudian dilakukan refleksi dan pelaksanaan siklus III. Hasil dari pembelajaran di dapatkan hasil 23 anak mampu tuntas yaitu 100% dari keseluruhan siswa. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry efektif digunakan dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v1i1.8881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.