Pengembangan Model Pembelajaran Sirkuit untuk Perkembangan Gerak Dasar Anak Autism Spectrum Disorder
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk model pembelajaran sirkuit bagi anak Autism Spectrum Disorder (ASD) yang dapat membantu mengembangkan pola gerak dasar. Produk yang dihasilkan berupa video pelaksanaan dan buku petunjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research & development) dari Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi 7 langkah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Berdasarkan hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli media diperoleh hasil persentase sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli teknologi pembelajaran anak berkebutuhan khusus mendapatkan hasil persentase sebesar 90% dengan kategori sangat valid. Lalu berdasarkan hasil analisis data respon guru pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori sangat kuat dan pada hasil analisis data respon guru pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase 90% dengan kategori sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan model pembelajaran sirkuit untuk perkembangan pola gerak dasar bagi anak Autism Spectrum Disorder (ASD) dinyatakan sangat valid dan menarik untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
American Psychiatric Association. (t.t.). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, Fifth Edition.
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Atmaja, J. R. (2017). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Baharuddin, H., Wahyuni, E. N., & Safa, A. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran . Yogyakarta: Ar-ruzz.
Bakhtiar, S. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP Press.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research an Introduction. New York & London: Longman.
Bremer, E., & Cairney, J. (2018). Fundamental Movement Skills and Health-Related Outcomes: A Narrative Review of Longitudinal and Intervention Studies Targeting Typically Developing Children. American Journal of Lifestyle Medicine, 12(2), 148–159. https://doi.org/10.1177/1559827616640196
Decaprio, R. (2017). Petunjuk Mengembangkan Kecerdasan Motorik Siswa. . Yogyakarta: DIVA Press.
Dienstmann, R. (2019). Permainan untuk Latihan Motorik. Bandung: Pakar Raya.
Driediger, M., Vanderloo, L. M., Truelove, S., Bruijns, B. A., & Tucker, P. (2018). Encouraging Kids to Hop, Skip, and Jump: Emphasizing The Need for Higher-Intensity Physical Activity in Child Care. Journal of Sport and Health Science, 7(3), 333–336. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2018.03.003
Hernawan, A. D., Diningrum, A., Jati, S. N., & Nasip, M. (2018). Risk Factors of Autism Spectrum Disorder (ASD). Unnes Journal of Public Health, 7(2), 104–112. https://doi.org/10.15294/ujph.v7i2.20565
Hodges, H., Fealko, C., & Soares, N. (2020). Autism Spectrum Disorder: Definition, Epidemiology, Causes, and Clinical Evaluation. Translational Pediatrics, 9(S1), S55–S65. https://doi.org/10.21037/tp.2019.09.09
Komarisa, P., & Ardianingsih, F. (2020). Permainan Sirkuit sebagai Strategi untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak dengan Autisme. Jurnal Pendidikan Khusus, 5(1).
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Deepublish.
Leutgeb, E. S. (2017). The Effects of Montessori’s “Walking on the Line” Activity on Student Engagement and Concentration. Sophia, 5.
Malina, R. M. (2012). Movement Proficiency in Childhood: Implications for Physical Activity and Youth Sport. Kinesiologia Slovenica, 18(3).
Miller, H. L., Sherrod, G. M., Mauk, J. E., Fears, N. E., Hynan, L. S., & Tamplain, P. M. (2021). Shared Features or Co-occurrence? Evaluating Symptoms of Developmental Coordination Disorder in Children and Adolescents with Autism Spectrum Disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 51(10), 3443–3455. https://doi.org/10.1007/s10803-020-04766-z
Pertiwi, R. M., Nurhasan, N., & Syam, T. A. R. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Sirkuit untuk Membantu Pola Gerak Lokomotor, Non-lokomotor, dan Manipulatif Anak Down Syndrome. Jendela Olahraga, 3(2). https://doi.org/10.26877/jo.v3i2.2452
Reilly, E., Buskist, C., & Gross, M. K. (2012). Movement in the Classroom: Boosting Brain Power, Fighting Obesity. Kappa Delta Pi Record, 48(2), 62–66. https://doi.org/10.1080/00228958.2012.680365
Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Rosenberg, L., Moran, A., & Bart, O. (2017). The Associations Among Motor Ability, Social-Communication Skills, and Participation in Daily Life Activities in Children With Low-Functioning Autism Spectrum Disorder. Journal of Occupational Therapy, Schools, & Early Intervention, 10(2), 137–146. https://doi.org/10.1080/19411243.2017.1304842
Sardjono. (1980). Studi perbandingan antara Metode Ltihan Aerobik dengan Metode Latihan Sircuit dalam meningkatkan Kesegaran jasmani. Yogyakarta: Wacana Setra.
Shanty, M. (2012). Strategi Belajar untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Familia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan PengembanganMetode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Whyatt, C. P., & Craig, C. M. (2012). Motor Skills in Children Aged 7–10 Years, Diagnosed with Autism Spectrum Disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 42(9), 1799–1809. https://doi.org/10.1007/s10803-011-1421-8
Winarno, Kristiyandaru, Burhaein, & Irfan, dkk. (2019). Disrupsi Strategi Pembelajaran Olahraga serta Tantangan dalam Menghadapi New Normal Selama Masa Pandemi Covid-19. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Winnick, J. P., & Porreta, D. L. (2017). Adapted Physical Education and Sport (Sixth Edition). Amerika Serikat: Human Kinetics.
Wu, H., Eungpinichpong, W., Ruan, H., Zhang, X., & Dong, X. (2021). Relationship between Motor Fitness, Fundamental Movement Skills, and Quality of Movement Patterns in Primary School Children. PLOS ONE, 16(5), e0237760. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0237760
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14072
Refbacks
- There are currently no refbacks.