Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Melalui Permainan Sirkuit “Rilo Ngale" pada Siswa Sekolah Dasar

Muhammad Wildan Habibi Ar, Heryanto Nur Muhammad, Sapto Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran pada jenjang sekolah dasar melalui permainan rilo ngale untuk mengetahui efektivitas belajar keterampilan motorik dan peningkatan motorik siswa terutama pada siswa jenjang sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan R&D dari Borg & Gall dengan sepuluh tahapan yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel 10 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 31 siswa untuk uji coba kelompok lapangan. Hasil dari validasi produk dari ahli motorik mendapatkan persentase 93% yang berarti VALID dan persentase dari ahli pendidikan jasmani mendapatkan persentase 86% yang berarti VALID. Hasil tes psikomotorik yang dilakukan pada uji coba kelompok kecil terdapat 1 orang yang memperoleh rentang nilai 60-79% yang berarti (baik), dan terdapat 9 orang yang mendapatkan rentang nilai >80% yang berarti (sangat baik). Sedangkan untuk uji coba lapangan mendapatkan perolehan sekitar 9 orang dengan rentang nilai 60-79 yang berarti (baik) dan terdapat 22 orang mendapatkan rentang nilai >80 yang berarti (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran motorik melalui permainan sirkuit rilo ngale yang dihasilkan efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran motorik pada siswa jenjang sekolah dasar.

Keywords


Model Pembelajaran, Motorik, Permainan Rilo Ngale

Full Text:

PDF

References


Afidah, N., Pradipta, G., & Hudah, M. (2022). Penerapan Modifikasi Wooden Discs Untuk Meningkatkan Ketrampilan Lempar Cakram Di SMP Negeri 1 Singorojo. Jendela Olahraga, 19-26.

Decaprio, R. (2016). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah. In Diva Press, 4(1).

Ericsson, I. (2011). Effects of Increased Physical Activity on Motor Skills and Marks in Physical Education. Physical Education and Sport Pedagogy, 313 –329.

Gallahue, D., Ozmun, J., & Goodwa, J. (2012). Understanding Motor Development. New York: McGraw-Hill College.

Hartatik, S. C., & dkk. (2012). Permainan Kecil. Malang: Wineka Media.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori, dan Aplikasinya". Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Khadijah, & Armanila. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Lemos, A., Avigo, E., & Barela, J. (2012). Physical Education in Kindergarten Promotes Fundamental Motor Skill Development. Advances in Physical Education, 17-21 .

Madrona, P. G. (2014). Site Development and Teaching of Motor Skills in Early Childhood Education. Journal of Art and Humanities, 3 , 09-20.

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Stolz, S. (2014). The Philosophy of Physical Education. London: Routledge.

Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Sun, H., Li, W., & Shen, B. (2017). Learning in Physical Education: A Self-Determination. Journal of Teaching in Physical Education, 277 -291.

Susanti, L. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Elex Media.

Tanjung, Y. P. (2022). Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan, 11, 105.




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.