Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Dialog Sederhana Dengan Media Cluecard dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas VII F SMP Negeri 1 Ambarawa Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan menulis teks dialog sederhana pada peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1 Ambarawa dengan menggunakan media cluecard. Selain itu, bertujuan untuk mendeskripsikan cara menciptakan pembelajaran dialog yang menyenangkan dengan menggunakan media cluecard dalam pembelajaran jarak jauh.
Adapun penelitian ini masuk dalam jenis penelitian tindakan kelas, dengan metode: (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja dan kuesioner. Alat pengumpulan data menggunakan lembar unjuk kerja dan lembar kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu analisa data untuk data berjenis kuantitatif, berupa angka hasil belajar peserta didik, dan analisa data untuk data kualitatif, berupa kalimat yang menggambarkan hasil pengamatan observer terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil tes tertulis pada setiap siklus.
Setelah dilakukan analisis data, ditemukan beberapa hasil penelitian sebagai berikut yaitu: (1) Penggunaan media pembelajaran Cluecard dapat meningkatkan keaktifan belajar dalam pembelajaran bahasa Jawa materi menulis teks dialog sederhana peserta didik kelas VIIF Semester 2 SMP Negeri 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2020/2021. Dari kategori rendah (49) sebelum tindakan menjadi kategori tinggi (79) setelah tindakan dibuktikan dengan hasil observasi tentang keaktifan belajar; (2) Tes unjuk kerja peserta didik terhadap penguasaan materi keterampilan menulis teks dialog sederhana dalam pembelajaran bahasa Jawa dengan media pembelajaran Cluecard terdapat peningkatan dari kategori cukup (76,6) sebelum tindakan, menjadi kategori Baik (84,7) setelah tindakan; dan (3) Penggunaan media pembelajaran Cluecard dapat meningkatkan keterampilan menulis teks dialog sederhana peserta didik kelas VIIF Semester 2 SMP Negeri 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2017/2018 dari kategori cukup (76,6) sebelum tindakan menjadi kategori baik (84,7) setelah tindakan dibuktikan dengan hasil tes keterampilan menulis teks dialog sederhana.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan menulis teks dialog sederhana pada peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1 Ambarawa dengan menggunakan media cluecard. Selain itu, bertujuan untuk mendeskripsikan cara menciptakan pembelajaran dialog yang menyenangkan dengan menggunakan media cluecard dalam pembelajaran jarak jauh.
Adapun penelitian ini masuk dalam jenis penelitian tindakan kelas, dengan metode: (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja dan kuesioner. Alat pengumpulan data menggunakan lembar unjuk kerja dan lembar kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu analisa data untuk data berjenis kuantitatif, berupa angka hasil belajar peserta didik, dan analisa data untuk data kualitatif, berupa kalimat yang menggambarkan hasil pengamatan observer terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil tes tertulis pada setiap siklus.
Setelah dilakukan analisis data, ditemukan beberapa hasil penelitian sebagai berikut yaitu: (1) Penggunaan media pembelajaran Cluecard dapat meningkatkan keaktifan belajar dalam pembelajaran bahasa Jawa materi menulis teks dialog sederhana peserta didik kelas VIIF Semester 2 SMP Negeri 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2020/2021. Dari kategori rendah (49) sebelum tindakan menjadi kategori tinggi (79) setelah tindakan dibuktikan dengan hasil observasi tentang keaktifan belajar; (2) Tes unjuk kerja peserta didik terhadap penguasaan materi keterampilan menulis teks dialog sederhana dalam pembelajaran bahasa Jawa dengan media pembelajaran Cluecard terdapat peningkatan dari kategori cukup (76,6) sebelum tindakan, menjadi kategori Baik (84,7) setelah tindakan; dan (3) Penggunaan media pembelajaran Cluecard dapat meningkatkan keterampilan menulis teks dialog sederhana peserta didik kelas VIIF Semester 2 SMP Negeri 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2017/2018 dari kategori cukup (76,6) sebelum tindakan menjadi kategori baik (84,7) setelah tindakan dibuktikan dengan hasil tes keterampilan menulis teks dialog sederhana.
Keywords
References
Agustina, N., & Pristiwati, R. 2019. ”Pelanggaran Prinsip Kesantunan Dalam Film Yowis Ben Karya Bayu Skak” dalam Jurnal Profesi Keguruan, 5(2), 162-168.
Dahlia, M. 2015. ”Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Al-Ishlah Pontianak.” Doctoral Dissertation. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Kasupardi. 2010. Pengertian Menulis. https://fatkhan.web.id/pengertian-menulis/. (Diunduh 16 Januari 2021).
Mureiningsih, E. S. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. Madaniyah, 4(2), 214-229.
Ningsih, N. S. 2016. ”Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Dialog Berbasis Aurora 3D Pada Siswa SMP Kelas VII.” Doctoral Dissertation. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. 2019. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.
Ruisah, R. 2015. Analisis Percakapan Dalam Program Debat Kandidat Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur. Avant Garde, 3(2).
Rukmi, A. S. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Percakapan Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Bagi Siswa Kelas VI SDN Paringan 2 Mojokerto Siswanto. https://media.neliti.com/media/publications/253409-peningkatan-keterampilan-menulis-percaka-7acedf78.pdf (Diunduh 10 Januari 2021).
Sasangka, Sry Satriya Tjatur Wisnu. 2004. Unggah-ungguh Bahasa Jawa. Jakarta: Pusat Bahasa.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
____2002. Penilain Hasil Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori Aplikasi. Yogyakarta: Ar Russ Media.
Suriamihardja, dkk. 1996. Petunjuk Praktik Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wibowo, Dwi Cahyadi. 2014. Aspek-aspek Keterampilan dalam Pendidikan Bahasa. http://dwicahyadiwibowo.blogspot.com/2014/05/aspek-aspek-keterampilan-dalam.html (Diunduh 20 Januari 2021).
Wibowo, S. A., & Roysa, M. 2018. Efektivitas Penggunaan Model Think Talk Write Berbantuan Media Komik Strip Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Dialog Sederhana Siswa Kelas V SD 1 Tritis. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 145-159.
DOI: https://doi.org/10.26877/jisabda.v3i1.10240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya
JISABDA Indexed by:
Copyright of JISABDA 2715-7563 (media online) and 2715-6281 (media cetak)
JISABDA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.