Kemampuan Guru Bahasa Jawa SMP Negeri 1 Kedungtuban Blora Mengintegrasikan 4 C dalam RPP Semester Gasal Tahun 2020/2021
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M., & Osman, K. 2010. Scientific inventive thinking skills among primary students in Brunei. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 7, 294-301
Alawiyah, Faridah. 2014. “Kesiapan Guru Implementasi Kurikulum 2013”. Jurnal Sosial Vol.VI No. 15/I/P3DI/Agustus/2014.
Asropah, Bambang Sulanjari, dan Alfiah. 2017. “Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Guru Bahasa Jawa Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Semarang. Jurnal Media Penelitian Pendidikan. Vol.11 No.2 Desember 2017.
Bariyah, L, Budiono, J. D, dan Rahayu, Y. S. 2014. Analisis kesesuaian RPP dan pelaksanaan Pembelajaran guru. BioEDU 2.2.
Dipraja, Kurnia. 2019. Menangkap Makna dalam Dinamika Pendidikan. Cibubur: Guepedia Publisher
Hayani, Iyan. 2019. Metode Pembelajaran Abad 21: Panduan Penerapan bagi Guru MTs/SMP. Tangerang: Rumah Belajar Matematika Indonesia.
I Kadek Wiyana., Drs. I Made Suarjana, M.Pd., Luh Putu Putrini Mahadewi, S.Pd. 2015. “Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menurut Kurikulum 2013 kelas IV SD N 4 Banyuasri”. Jurnal Ilmiah Vol. 3, No. 1.
Mawardi. 2019. “Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran”. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol. 20, No. 1, 69-82.
Ngabidin, Minhajul. 2019. Budaya Mutu Wujudkan Sekolah Unggul: Kumpulan Praktik Baik Implementasi Sistem Penjaminan Mutu di Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Andi.
Redhana, I. Wayan. 2019. “Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudiran, Sugiarti, Eggy Fajar Andalas, Fardini Sabilah, Bayu Hendro Wicaksono, Purwati Anggraini, Arif Setiawan, Hendarto Cahyono, Mahfud Effendi, Arina Restian, Dyah Worowirastri Ekowati, Alfiani Athma Putri Rosyadi, Siti Khoiruli Ummah. 2020. Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan. Malang: UMM Press.
Sugiono. 2019. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zubaidah, S. 2010. Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional Sains 2010 dengan Tema “Optimalisasi Sains untuk Memberdayakan Manusia” di Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 16 Januari 2010.
Zubaidah, S. 2017. Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pemecahan Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional dengan tema Inovasi Pembelajaran Berbasis pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di Universitas Muhammadiyah Makasar, Makasar, 6 Mei 2017.
Zubaidah, S. Corebima, A.D., & Mistianah. 2015. “Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay”. Prosiding Simposium on Biology Education, Jurusan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, 4-5 April 2015.
DOI: https://doi.org/10.26877/jisabda.v3i2.12206
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya
JISABDA Indexed by:
Copyright of JISABDA 2715-7563 (media online) and 2715-6281 (media cetak)
JISABDA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.