Pendidikan Karakter pada Crita Cekak dalam Buku Teks Prigel Basa Jawa SMA/SMK/MA Karya Gandung Widaryatmo

Fhita Naurma Purwanti, Alfiah Alfiah, Yuli Kurniati Werdiningsih

Abstract


This research aims to describe character education in the short story in the textbooks of Prigel Basa Jawa SMA/SMK/MA by Gandung Widaryatmo. This research uses qualitative methods and the approach used is a pragmatic approach. The source of this research data is the short story text that is in the textbook Prigel Basa Jawa SMA/SMK/MA by Gandung Widaryatmo. The data of this research are in the form of sentences or paragraphs that contain character education in the short stories in the textbook. There are three forms of character education in the short story text in the PBJ SMA/SMK/MA textbook by Gandung Widaryatmo. The form of character education includes character values in relation to God, oneself, and others. The character value in relation to God, namely religiosity, is implemented by praying to God. Character values in relation to oneself include six variations of values, namely; independent, disciplined, superior and achievers, tough, honest, and responsible. The value of character in relation to others consists of two variations of values, namely empathy, and helping to help. Thus the character value in relation to oneself has a more dominant variation of values in the short story in Gandung Widaryatmo's PBJ SMA/SMA/MA textbooks.

Keywords


Character education; short story; textbook

Full Text:

PDF

References


Ali, M Aisysah. 2018. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Anggraini Purwati, dan Tuti Kusniati. 2017. Pembelajaran Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Malang: UMM Press.

Arfiananda, Rizki. 2017. Nilai-nilai Persahabatan dalam Manga Eyeshield 21. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang. Diperoleh tanggal 7 Juli 2020 dari http://eprints.undip.ac.id/52762/1/Skripsi_-_Rizqi_Arfiananda.pdf.

Awalludin. 2017. Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Darmawati, Uti. 2018. Prosa Fiksi:Pengetahuan dan Apresiasi. Klaten: PT Intan Pariwara.

Doa (Def. 1) (n.d). dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses melalui http://kbbi.web.id/doa, 12 Juli 2020.

Empati (Def. 1) (n.d). dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses melalui https://kbbi.web.id/empati, 11 Juli 2020.

Harga (Def. 3) (n.d). dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses melalui https://kbbi.web.id/harga, 11 Juli 2020.

Helmawati. 2017. Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hen, Deny. 2020. Tangguh: 4 Rahasia yang Jadikan Anda Tak Terkalahkan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jujur (Def. 1) (n.d). dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses melalui https://kbbi.web.id/jujur, 11 Juli 2020.

Kemendikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta.

Kurniawan, Rahmat. 2016. Belajar Bersyukur. Jakarta: PT Alex Media Komputindo Kompas – Gramedia.

Muslich, Mansur. 2010. Teks Book Writing: Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Narwanti, Sri. 2014. Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18 nilai pembentuk karakter dalam mata pelajaran. Yogyakarta: Familia.

Ni’matuzzahroh dan Susanti Prasetyaningrum. 2018. Observasi: Teori dan Aplikasi dalam psikologi. Malang: UMM Press.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku.

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Praheto, dkk. 2016. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Ajar Bahasa Jawa Tingkat SD Kurikulum DIY. Sosiohumaniora, vol.2(1). Diperoleh pada 2 Juni 2020 dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sosio/article/view/490.

Prastawaningsih, Dwi. 2011. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Kompetensi Berbicara dalam Buku Aku Bisa Basa Jawa Terbitan Yudhistira. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Diperoleh pada 27 Juni 2020 melalui https://lib.unnes.ac.id/8144/1/8532.pdf.

Sabdono, Eratus. 2020. Tanggung Jawab memeiliki Keselamatan. Jakarta: Rehobot Literature.

Satinem. 2019. Apresiasi Prosa Fiksi: Teori, Metode, dan Penerapannya. Yogyakarta: Deepublish.

Syukur (Def. 2) (n.d). dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses melalui https://kbbi.web.id/syukur, 3 Agustus 2020.

Tangguh-2 (Def. 1) (n.d). dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses melalui https://kbbi.web.id/tangguh-2, 3 Agustus 2020.

Tanggung Jawab (Def. 1) (n.d) dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses melalui http://kbbi.web.id/tanggungjawab, 13 Juli 2020.

Temaluru, Yohanes dan Dominikus Dolet Unaradjan. 2019. Pengembangan Kemampuan Personal. Jakarta: Penerbit Universitas Katholik Indonesia Atma Jaya.

Tim Dosen Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya. 2018. Mempersiapkan Generasi Milenial Ala Psikologi: Kiat-kiat Pendidikan Anak bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Utari, Endah Septiani. 2018. Empati: Puisi Nurani. Sukabumi: CV Jejak.

Widayati, Sri. 2020. Gotong Royong. Semarang: Alprint.

Winarsih. 2019. Pendidikan Karakter Bangsa. Tangerang: Loka Aksara.

Yunus dan Fadli Subhan. 2020: Pluralisme dalam bingkai budaya. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.




DOI: https://doi.org/10.26877/jisabda.v3i2.12208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya



JISABDA Indexed by:

     


Copyright of JISABDA 2715-7563 (media online) and 2715-6281 (media cetak)

Creative Commons License
JISABDA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya Stats