PEMBERDAYAAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SECARA REALISTIS Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Kinerja Guru

Alfiah Alfiah

Abstract


Pada hakikatnya kegiatan pembelajaran adalah upaya sadar yang dilakukan untuk mengubah perilaku siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran, beberapa faktor ikut menentukan keberhasilan dalam suatu pembelajaran.Faktor-faktor tersebut antara lain kurikulum, program pengajaran, kualitas guru, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, sumber belajar, dan teknik/bentuk penilaian. Di antara faktor-faktor tersebut guru memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan  pembelajaran. Guru sebagai pemegang kunci sukses dalam kegiatan pembelajaran, mempunyai tiga tugas pokok yaitu menyusun perencanaan, melaksanakan pembelajaran, dan memberikan balikan. Dalam menyusun perencanaan. ada beberapa komponen yang harus diperhatikan antara lain, menentukan SK/KD/indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, pendekatan dan metode, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, alat dan sumber belajar, dan evaluasi pembelajaran. Selain itu, juga harus mengacu pada kurikulum sebagai dasar dalam pengembangannya. Ada dua tahapan konkrit yang dapat dilakukan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara riel. Riel  yang dimaksud benar-benar memperhatikan kompetensi siswa sebagai hasil yang akan dicapai. Dua tahapan tersebut adalah (1) perencanaan secara reil/nyata, (2) perencanaan secara administratif. Dua hal pula yang harus diperhatikan dalam menyusun RPP, yaitu penentuan metode inovatif dan penggunakan media di setiap kegiatan pembelajaran. Melalui penentuan dua hal tersebut akan tampak secara jelas corak/gaya guru ketika mengajar dan akan memberikan daya tarik tersendiri terhadap siswa. Oleh karena itu penulis tekankan bahwa penentuan metode yang variatif dan inovatif serta penggunaan media di setiap kegiatan pembelajaran hendaknya selalu diperhatikan.


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2004. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo.

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran:Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung:PTRemaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta:PT Bumi Perkasa.

______________. 2008. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta:PT Bumi Perkasa.

Harsanto, Radno. 2007. Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta:Kanisius.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Marno dan Idris, M. 2008. Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta:Bumi Aksara.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2007. Teknologi Pengajaran Bandung:Sinar Baru Algensindo.

_____________________________. 2009. Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru Algensindo.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya:Penerbit SIC.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26877/jisabda.v1i2.4745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ji_Sabda



JISABDA Indexed by:

     


Copyright of JISABDA 2715-7563 (media online) and 2715-6281 (media cetak)

Creative Commons License
JISABDA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya Stats