Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Muatan Lokal Bahasa Jawa Sekolah Dasar Di Kota Semarang

A. Y. Soegeng Ysh., Ngatmini Ngatmini, Suyitno Suyitno

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah-masalah yang dihadapi oleh guru SDdalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 Mulok Bahasa Jawa. Tujuan penelitian ini adalahmengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh guru sekolah dasar dalam pengimplementasian Kurikulum  2013 Muatan Lokal Bahasa Jawa Sekolah Dasar di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-naturalistik dengan tahapan-tahapan: penetapan tujuan, perancangan, pelaksanaan, analisis data, dan pelaporan hasil penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian Kurikulum 2013 Mulok Bahasa Jawa SD di Kota Semarang terdapat tiga permasalahan, yaitu: (a) Sebagian besar sekolah kembali menggunakan KTSP; (b) sebagian besar guru kurang memiliki kompetensi yang memadai untuk mengajarkan bahasa Jawa terutama karya sastra; dan (c) belum adanya pelatihan pembelajaran bahasa dan sastra Jawa bagi semua guru. Berkait dengan hasil penelitian, perlu adanya tindak lanjut berupa pelatihan materi bahasa dan sastra Jawa bagi guru sekolah dasar di Kota Semarang, melalui daerah binaan (DABIN).

Full Text:

PDF

References


Egar, Ngasbun (ed). Gati IKIP PGRI-ku “Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di IKIP PGRI Semarang”. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS.2011.

Permendikbud RI Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Permendikbud RI Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Permendikbud RI Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 & Kurikulum 2013. Jakarta: Kemenkumham RI.

Perda Prov. Jateng Nomor 9 Tahun 2012 tentang Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa. Semarang: Sekrda Provinsi Jawa Tengah.

Pergub Prov. Jateng Nomor 57 tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012. Sekda Provinsi Jawa Tengah.

Soegeng Ysh, A.Y. Dasar-dasar Penelitian Bidang Sosial, Psikologi, dan Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cetakan ke-11. Bandung: Alvabeta CV.2010.

SE Mendikbud RI Nomor 156928/MPK.A/KR/2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013.

SEB Mendagri dan Mendikbud RI Nomor 420/176/SJ; Nomor 0258/MPK.A/KR/2014 tentang Implementasi Kurikulum 2013.

SE Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nomor 424.13242/2013 tentang Implementasi Muatan Lokal Bahasa Jawa.

M. P. Brown and K. Austin, The New Physique, Publisher City: Publisher Name, 2005, pp. 25-30.

M. P. Brown and K. Austin, Appl. Phys. Letters85, 2503-2504 (2004).

B. R. Jackson and T. Pitman, U.S. Patent No. 6,345,224 (8 July 2004)

D. L. Davids, "Recovery Effects in Binary Aluminum Alloys", Ph.D. Thesis, Harvard University, 1998.

National Aeronautics and Space Administration (NASA). Available: http://www.jpl.nasa.gov/




DOI: https://doi.org/10.26877/jisabda.v1i2.4748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ji_Sabda



JISABDA Indexed by:

     


Copyright of JISABDA 2715-7563 (media online) and 2715-6281 (media cetak)

Creative Commons License
JISABDA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya Stats