PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIREPADA MATA PELAJARAN AKSARA AJAWA KELAS X SMA N 1 DEMPET TAHUN AJARAN 2018/2019

Nurul Azizah, Alfiah Alfiah, Bambang Sulanjari

Abstract


 

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini mendiskripsikan hasil penerapan media pembelajaran lectora inspire dalam mata pelajaran aksara Jawa kelas X SMA N 1 Dempet tahun ajaran 2018/2019.

Penelitiain ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Bentuk desain ekperimen yaitu quasi experimental desaign dengan model nonequivalent control group desaign. Subjek penelitian ini adalah kelas X SMA N 1 Dempet tahun ajaran 2018/2019 semester genap. Data penelitian berupa nilai pretest, posttest, angket dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah teknik non-test dan teknik tes.

Hasil penilitian diperoleh nilai-rata-rata siswa yaitu 82,43. Hasil tersebut lebih tinggi dari nilai KKM yaitu 75. Analisis data dapat dinyatakan berhasil dengan rata-rata nilai kelas eksperimen setelah penggunaan media mengalami peningkatan yang signifiakan Nilai angket hasil pembelajaran aksara Jawa setelah menggungakan media pembelajaran lectora inspire memperoleh rata-rata sebesar 87%  siswa menjawab setuju atau media tersebut dalam kategori layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan nilai tersebut, dapat dibuktikan bahwa penerapan media pembelajaran lectora inspire dalam mata pelajaran aksara Jawa layak dan efektif  digunakan serta sangat berpengaruh terhadap peningkatan nilai hasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Dempet.

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to describe the results of the implementation of Lectora Inspire learning media in Javanese script subjects in class X SMA N 1 Attached school year 2018/2019.

This research belongs to the type of quantitative research, using the type of experimental research. The design of the experiment was quasi experimental desaign with a noneignivalent control group desaign model. The subject of this study was class X SMA N 1 Attached 2018/2019 school year even semester. Research data in the form of pretest, posttest, questionnaire and documentation. The techniques used are non-test techniques and test techniques.

The results obtained by an average student score of 82.43. These results are higher than the KKM value of 75. Data analysis can be declared successful with the average value of the experimental class after the use of media has increased significantly. Questionnaire scores of Javanese script learning outcomes after using the Lectora inspire learning media obtained an average of 87% of students answering agree or the media in the category are suitable for use in learning. Based on these values, it can be proven that the application of lectora inspire learning media in Javanese script subjects is feasible and effective to use and is very influential in increasing the value of learning outcomes of class X students of SMA N 1 Attached.

 

 



Keywords


Penerapan., Media Pemelajaran., Lectora Inspire., Aksara Jawa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astutik, Mega dkk. (2016). “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Softwere Lectora Inspire untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di SMK Negeri 2 Surabaya”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 05, No. 01 Tahun 2016, Hal. 107-114.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, media, dan strategi pembelajan kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Dalman, H. 2014. Keterampilan menulis. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Darusuprapta, dkk. 2003. Pedoman Penulisan Aksara Jawa. Yogyakarta. Yayasan Pustaka Nusantara.

Oktaria, Auline. 2013. Implementasi lectora insire sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar bahasa arab siswa kelas xi agama di man godean tahun ajaran 2012/2013. Skripsi. Universiatas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Peraturan Gubernur Jawa Tengah Tahun Nomor 55 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 57 Tahun 2013 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Bahasa, Sastra, Dan Aksara Jawa.

Purwanto. 2013. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya, Sandi dkk (2017). “Penerapan Media pembelajaran Lectora Inpire untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar perhitungan kontruksi mesin siswa kelas XI mesin di SMK Piri Sleman”. Jurnal taman vokasi. Vol. 5, No. 1, Juni 2017, Hal. 56-61.

Shalikhah, Norma Dewi. dkk (2017). “Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran”. Jurnal Warta LPM. Vol 20, No. 1, Maret 2017, Hal. 9-16.

Sudarmaji. Andi. 2015. Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire untuk mata pelajaran sistem ac di SMK Negeri 2 Klaten. Skripsi. UNY.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suparno, dan Yunus Muhamad. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.26877/jisabda.v2i1.5494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya



JISABDA Indexed by:

     


Copyright of JISABDA 2715-7563 (media online) and 2715-6281 (media cetak)

Creative Commons License
JISABDA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya Stats