Efektivitas Akreditasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Muhammadiyah
Muhammad Dicky Artanto, Hasan Ibadin, Suwadi Suwadi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengupas terkait efektivitas akreditasi yang diperoleh SMP Muhammadiyah 1 Prambanan dengan kualitas pendidikan yang diberikan pada peserta didiknya. Akreditasi seyogyanya dapat memberikan dampak yang baik bagi kualitas layanan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus di SMP Muhammamdiyah 1 Prambanan. Informan yang digali ialah kepala sekolah, guru, dan karyawan SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode Miles dan Huberman yakni dengan pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumetasi, serta untuk keabsahan data menggunaka triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi akreditasi di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan secara umum berhak untuk mendapatkan akreditasi A karena menerapkan standar pendidikan nasional. Namun masih terdapat kekurangan berupa fasilitas yang masih perlu untuk diperbaiki dan ditambah. Akreditasi yang diperoleh menjadikan SMP Muhamamdiyah 1 Prambanan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dengan dibuktikan naiknya jumlah peminat dari kurun waktu 2020 hingga 2022, sehingga dapat membuka enam rombongan belajar bagi kelas 7 dan 8 dan lima rombongan belajar bagi kelas 9.
Kata Kunci : Akreditasi, Mutu Pendidikan, Perguruan Muhammadiyah