Efektivitas Akreditasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Muhammadiyah

Muhammad Dicky Artanto, Hasan Ibadin, Suwadi Suwadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengupas terkait efektivitas akreditasi yang diperoleh SMP Muhammadiyah 1 Prambanan dengan kualitas pendidikan yang diberikan pada peserta didiknya. Akreditasi seyogyanya dapat memberikan dampak yang baik bagi kualitas layanan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus di SMP Muhammamdiyah 1 Prambanan. Informan yang digali ialah kepala sekolah, guru, dan karyawan SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode Miles dan Huberman yakni dengan pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumetasi, serta untuk keabsahan data menggunaka triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi akreditasi di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan secara umum berhak untuk mendapatkan akreditasi A karena menerapkan standar pendidikan nasional. Namun masih terdapat kekurangan berupa fasilitas yang masih perlu untuk diperbaiki dan ditambah. Akreditasi yang diperoleh menjadikan SMP Muhamamdiyah 1 Prambanan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dengan dibuktikan naiknya jumlah peminat dari kurun waktu 2020 hingga 2022, sehingga dapat membuka enam rombongan belajar bagi kelas 7 dan 8 dan lima rombongan belajar bagi kelas 9.

Kata Kunci : Akreditasi, Mutu Pendidikan, Perguruan Muhammadiyah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v11i1.14283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats