PENGARUH KOMITMEN KERJA, KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR

Lydia Karmila Sari

Abstract


Kemajuan teknologi membuat manusia memasuki suatu era baru yaitu era digital.  Era digital yang bisa disebut juga era globalisasi adalah suatu kondisi zaman di mana seluruh kegiatan yang mendukung kehidupan sudah bisa dipermudah dengan adanya teknologi yang serba canggih.

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh komitmen kerja yang signifikan terhadap kinerja guru sekolah Dasar di Gugus Telaga Ilmu Kecamatan Pedurungan Semarang. (2) mengetahui pengaruh kompetensi teknologi informasi dan komunikasi yang signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Gugus Telaga Ilmu Kecamatan Pedurungan Semarang. (3) mengetahui pengaruh komitmen kerja, kompetensi teknologi informasi dan komunikasi yang signifikan secara bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Gugus Telaga Ilmu Kecamatan Pedurungan Semarang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 105 orang dari seluruh total jumlah populasi yang tersebar di sekolah dasar Gugus Telaga Ilmu Kecamatan Pedurungan Semarang yang dipilih secara proporsional random sampling. Uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas data dan uji hipotesis menggunakan program SPSS for Windows Release 24.0.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Komitmen Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Gugus Telaga Ilmu Kecamatan Pedurungan Semarang. Diperoleh nilai korelasi (r) sebesar 0,881 yang berarti korelasi variabel X1 dengan Y kuat, dengan nilai R Square = 0,658  artinya besarnya pengaruh variabel X1 terhadap Y adalah sebesar  65,8%. (2) Terdapat pengaruh yang positif antara  Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Gugus Telaga Ilmu Kecamatan Pedurungan Semarang. Diperoleh nilai korelasi (r) sebesar 0,562  yang berarti korelasi variabel X2 dengan Y termasuk kategori sedang, dengan nilai  R Square = 0,316 artinya besarnya pengaruh variabel X2 terhadap Y adalah sebesar  31,6%. (3) Kinerja Guru Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Komitmen Kerja dan  Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru, nilai korelasi (r) = 0,822 dan nilai (Adjusted R Square) = 0, 676  yang artinya bahwa pengaruh variabel Komitmen Kerja dan  Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi secara bersama–sama terhadap variabel Kinerja Guru (Y) adalah sebesar  67,6 % dan sisanya  32,4% dipengaruhi oleh variabel yang lain.

Berdasarkan temuan tersebut, maka direkomendasikan. (1) Komitmen para guru SD di Gugus Telaga Ilmu Kecamatan Pedurungan Semarang harus digenjot lagi karena komitmen mereka yang tinggi akan meningkatkan prestasi siswa dan memotivasi masyarakat untuk berperan aktif dalam berbagai isu krusial di dalam perusahaan. (2) Kemahiran guru-guru di Gugus Telaga Ilmu Kecamatan Pedurungan Semarang dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi perlu ditingkatkan lagi karena kemahiran guru dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi diantisipasi akan berdampak positif terhadap kegiatan atau aktivitas yang dilakukan guru di lapangan.

 

Kata kunci: Komitmen Kerja, Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v12i1.15126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats