IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL BERBASIS EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 DEMAK

Sari Warni Indah, Noor Miyono, Titik Haryati

Abstract


Mutu Pendidikan dapat dikatakan berhasil bilamana sesuai dengan standar nasional pendidikan yang telah ditetapkan dimulai dari standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga pendidik, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian yang dilaksanakan secara terencana, sistematis, terperinci dan terintregasi dengan visi, misi serta tujuan sekolah dan dilaksanakan oleh seluruh pemangku kebijakan dan warga sekolah.

Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dimana penelitian dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal di SMK N 2 Demak dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam terhadap pelaksanaan SPMI tersebut terutama yang mengacu terhadap 4 standar nasional pendidikan dari 8 SNP yang ada dimulai dari standar kelulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi

Hasil penelitian ini diantaranya 1) Pemetaan Mutu di SMK Negeri 2 Demak dilaksanakan melalui EDS dengan menggunakan analisis SWOT dalam prosesnya  kemudian didapat hasil rapor mutu dan lebih akurat lagi dengan kondisi nyata di sekolah. 2) Penyusunan rencana peningkatan mutu di SMK Negeri 2 Demak dilakukan dengan sekolah membetuk tim pengembang sekolah yang terdiri dari tim pengembang kurikulum dan tim penjaminan mutu sekolah / TPMS. 3) Pelaksanaan rencana pemenuhan mutu melibatkan seluruh pemangku kebijakan dan sebagian warga sekolah dan dituangkan dalam RKS dan RKAS. 4) Evaluasi dan audit dilakukan dengan membentuk tim kemudian hasil yang diperoleh diterapkan untuk peningkatan mutu selanjutnya. 5) Penetapan standar baru dalam SPMI di SMK Negeri 2 Demak belum sepenuhnya memenuhi 8 standar nasional pendidikan terutama di dalam standar proses dan penilaian karena berdasarkan hasil rapor mutu ditemukan bahwa untuk kegiatan tematik belum terealisasi sepenuhnya dan untuk kegiatan penyusunan soal untuk penilaian harian belum semua guru membuat kisi-kisi penyusunan instrumen penilaian pengetahuan dan keterampilan. 

Kata Kunci : Pemetaan Mutu, Penyusunan Rencana Pemenuhan Mutu, Pelaksanaan Pemenuhan Mutu, Evaluasi dan Audit Mutu, Penetapan Standar Baru.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v13i2.15335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats