SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU

Umar Abdul Jabar, Noor Miyono, Rasiman Rasiman

Abstract


Profesionalisme guru menjadi faktor penting dalam menentukan kualitas mutu pendidikan. Akan tetapi profesionalisme guru perlu terus ditingkatkan sesuai dengan dinamika kebutuhan. Salah satunya upaya peningkatan profesionalisme guru tersebut adalah dengan supervisi akademik.

Sekolah Menengah Kejuruan Maarif NU Pecalungan Kabupaten Batang merupakan sekolah yang berdiri dan tumbuh atas inisiatif warga setempat, ada peningkatan dari hasil supervisi akademik disetiap tahunnya, dan ada keunikan langsung pilih jurusan ketika masuk di sekolah.

Fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi akademik untuk meningkatkan profesionalisme guru di SMK NU Maarif Pecalungan.

Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. bertempat di SMK  Maarif NU Pecalungan. Dengan langkah penelitian yang dilakukan 1) melaksanakan pra penelitian, 2) menyusun instrumen dan melaksanakan pengumpulan data (data primer dan data sekunder), 3) menganalisis data, 4) mengecek keabsahan data menggunakan trianggulasi. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Milles and Hubeman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Temuan penelitian 1) perencanaan supervisi akademik di SMK Maarif NU Pecalungan (a) evaluasi hasil supervisi semester sebelumnya, (b) identifikasi masalah, (c) pembentukan tim supervisor, (d) pembuatan jadwal supervisi, (e) penyusunan instrumen supervisi, (f) penyusunan program supervisi. Beberapa kegiatan dalam perencanaan supervisi tersebut dibuat setiap awal semester dengan melibatkan guru dan stakeholder lainya seperti pengawas. 2) pelaksanaan supervisi kepala sekolah di SMK Maarif NU Pecalungan pertama, pra observasi, kemudian observasi melalui kunjungan kelas, penilaian, pemberian bimbingan dan pengarahan meskipun bimbingan dan pengarahan ini juga melalui beberapa cara baik secara langsung maupun maupun tidak langsung; 3) Evaluasi/ tindak lanjut supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMK Maarif NU Pecalungan Kabupaten Batang   atas hasil supervisi kepala sekolah adalah pembinaan secara langsung yaitu dengan bertatap muka antara guru dengan kepala sekolah atau secara tidak langsung dengan mendelegasikan ke kegiatan-kegiatan seperti MGMP, Workshop, Pelatihan, Seminar, PLPG.

Rekomendasi pada penelitian ini adalah agar pelaksanaan supervisi akademik lebih maksimal dilaksanakan dengan pendekatan langsung melalui bimbingan individu sehingga profesionalisme guru bisa tumbuh sesuai kebutuhan pendidikan.

Kata Kunci  :    Supervisi Akademik kepala sekolah, Profesionalisme guru


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v13i1.15698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats