PENGEMBANGAN MODEL LITERASI INDUSTRI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Kasnawi Kasnawi, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Ghufron Abdullah

Abstract


ABSTRAK

Pemahaman tentang Literasi sudah berkembang tidak hanya berurusan dengan hal membaca dan menulis saja, pemahaman  literasi berkembang sangat luas sesuai dengan keadaan yang dihadapi,salah satunya adalah literasi industri. Seperti pada umumnya SMK mengembangkan literasi industri melalui aspek kerja sama dengan industri diberbagai bidang dalam peningkatan kualitas belajar. Ada bidang yang berhubungan dengan industri yang belum diolah secara maksimal yaitu potensi yang ada didalam lingkungan sekolah. Produk yang mampu dihasilkan oleh kegiatan didalam sekolah  tersebutlah yang menjadi pengembangan literasi industri yang belum diolah secara maksimal sehingga membutuhkan panduan dan modul literasi industri untuk meningkatkan kualitas belalajar di SMK. Tujuan  Penelitian ini adalah : (1) Memperoleh Informasi tentang Model Literasi industri  untuk peningkatan kualitas belajar di SMK Negeri 2 Demak (2) Memperoleh Model Literasi industri untuk peningkatan kualitas  belajar di SMK Negeri 2 Demak (3) Memberikan Gambaran Pengembangan Model Literasi industri untuk peningkatan kualitas belajar di SMK Negeri 2 Demak Dengan menggunakan langkah – langkah penelitian model Plom. Pengembangan dilakukan melalui beberapa tahapan,meliputi : (1) fase investigasi awal (preliminary investigation); (2) fase desain (design); (3) fase realisasi/kontruksi (realization/contruction); (4)  fase tes,evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision); (5) uji lapangan/implementasi (implementation). Dengan langkah diatas literasi industri yang dikembangkan didalam lingkungan sekolah adalah mengesplor semua kemampuan sumber daya yang dimiliki sekolah dalam pengembangan produk melalui tahapan inventarisasi produk,penawaran produk,pangsa pasar produk,daya terima dan produk unggulan melalui sebuah modul yang bisa dijadikan panduan bagi sekolah dan menjadikan pengembangan berikutnya. Inilah yang belum dilakukan oleh banyak SMK sehingga modul ini akan membantu bagi SMK dalam menigkatkan kualitas belajar peserta didik.

 Kata Kunci :Pengembangan ,Model Literasi Industri, Kualitas Belajar, SMK


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v12i3.15766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats