Perencanaan Program Sekolah untuk Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 3 Pekalongan

Steffi Dian Kemalasari, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Endang Wuryandini

Abstract


A B S T R A K

Perkembangan zaman yang signifikan menuntut lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan turut serta dalam perubahan yang terjadi sehingga diperlukan strategi atau cara yang harus diambil untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan. Sebuah lembaga pendidikan yang memiliki manajemen strategik yang baik bisa mengetahui dan merencanakan program sekolah sesuai dengan kebutuhan warga sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan program di SMA Negeri 3 Pekalongan. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, tim TPMPS, perwakilan guru dan tenaga kependidikan yang terlibat dalam perencanaan program sekolah. Desain penelitian mengacu pada langkah-langkah Borg and Gall yang disesuaikan dengan kebutuhan penulis. Metode penelitian menggunakan wawarncara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan program yang dilakukan sekolah harus memperhatikan komponen-komponen yang menyertai penyusunan program sekolah. Perencanaan program sekolah dilakukan melalui berbagai tahapan. Sekolah mengembangkan program dengan melihat referensi terkait dinamika perubahan, perencanaan berbasis data, ekspektasi konsumen dan anggaran.

 

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v13i1.16223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats