Perkembangan zaman yang signifikan menuntut lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan turut serta dalam perubahan yang terjadi sehingga diperlukan strategi atau cara yang harus diambil untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan. Sebuah lembaga pendidikan yang memiliki manajemen strategik yang baik bisa mengetahui dan merencanakan program sekolah sesuai dengan kebutuhan warga sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan program di SMA Negeri 3 Pekalongan. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, tim TPMPS, perwakilan guru dan tenaga kependidikan yang terlibat dalam perencanaan program sekolah. Desain penelitian mengacu pada langkah-langkah Borg and Gall yang disesuaikan dengan kebutuhan penulis. Metode penelitian menggunakan wawarncara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan program yang dilakukan sekolah harus memperhatikan komponen-komponen yang menyertai penyusunan program sekolah. Perencanaan program sekolah dilakukan melalui berbagai tahapan. Sekolah mengembangkan program dengan melihat referensi terkait dinamika perubahan, perencanaan berbasis data, ekspektasi konsumen dan anggaran.