STRATEGI KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM IMPLEMENTASI VISI DAN MISI BERBASIS RAPOR PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 2 CEPU

Nurlaela Nurlaela

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan yang visioner dalam mengimplementasikan visi dan misi sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif yang mengungkapkan kondisi atau situasi subyek penelitian sesuai fakta pada saat penelitian, terkait peran kepala sekolah dalam mewujudkan visi dan misi. Data rapor pendidikan sebagai dasar pengambilan keputusan penelitian. Berdasarkan data rapor pendidikan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Seluruh pemangku kepentingan, baik guru, siswa, orang tua, maupun masyarakat, setelah melewati berbagai tahapan visi dan misi yang berhasil disosialisasikan, diharapkan dapat berperan dalam mewujudkan visi dan misi tersebut, tidak hanya berupa simbol-simbol dan kata-kata. Selain itu, kepemimpinan visioner dapat berperan sebagai agen perubahan untuk mewujudkan visi dan misi serta menggerakkan masa depan warga SMA N 2 Cepu serta meningkatkan pembelajaran. Ini dilakukan dengan menyediakan pelatihan, peralatan, dan sumber daya manusia yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Kata kunci : kepemimpinan visioner, rapor pendidikan, strategi, visi dan misi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v12i2.17168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats