PENGARUH KUALIFIKASI AKADEMIK, PENGALAMAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN

Sri Hartini PPs MP IKIP PGRI Semarang

Abstract


Abstract.

The objective of this research are to know: effect of academic
qualification, working experiences, and work motivation simultaneously toward performance of primary school principal at Sub District Wiradesa in District Pekalongan. This is a correlational research. Population are all primary school principals at Sub District Wiradesa in District Pekalongan of 34 persons totally. All population become sample. Data collected by questioner consist of questioner of academic qualification, working experiences, work motivation, and performance of primary school principal. Data analysis use simple regression and
multiple regressions. The research result shows that there is partially and simultaneously significant effect between academic qualification, working experiences, work motivation toward performance of primary school principal at Sub District Wiradesa in District Pekalongan. The partial effect of academic qualification is 32 %, working experiences is 42,9%, work motivation is 35,2%, dan simultaneous effect is 59,7%.

Abstrak.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualifikasi akademik, pengalaman kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja kepala Sekolah Dasar se Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh Kepala Sekolah Dasar yang terdapat di Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan yaitu sebanyak 34 orang. Seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner
terdiri dari kuesioner kualifikasi akademik, pengalaman kerja, motivasi kerja, serta kinerja kepala sekolah. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial maupun secara bersama-sama yang signifikan antara kualifikasi akademik, pengalaman kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja Kepala Sekolah Dasar se
Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Besarnya pengaruh kualifikasi akademik sebesar 32 %, pengalaman kerja (42,9%), motivasi kerja (35,2%), dan pengaruh secara bersama-sama (59,7%).

Kata-kata Kunci: kualifikasi akademik, pengalaman kerja, motivasi kerja, kinerja kepala sekolah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v1i3.396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats